Muhammad, Abdul Munif (2020) ANALISIS SIFAT FISIK DAN MEKANIK SAMBUNGAN LAS GESEK DENGAN VARIASI TEKANAN PADA MATERIAL ALUMINIUM DAN ALUMINIUM. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.
Text
153010051 Muhammad Abdul Munif.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Teknik pengelasan pada alumunium sudah banyak dilakukan, namun masih perlu dikembangkan agar dapat tersambung dengan baik. Pengelasan gesek (friction welding) adalah penyambungan logam dengan cara memanfaatkan panas akibat dari adanya gesekan antara permukaan dua benda yang saling bersinggungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh tekanan gesek terhadap bentuk lasan, struktur makro, struktur mikro, kekuatan tarik, dan kekerasan las gesek continuous drive friction welding (CDFW). Bahan yang digunakan adalah logam silinder pejal aluminium AA1100 dengan diameter 12 mm. Proses pengelasan gesek dilakukan dengan variasi tekanan 3 MPa, 5 MPa, dan 7 MPa dan menggunakan kecepatan putar 1400 rpm dalam keadaan konstan. Hasil pengelasan gesek pada tekanan 3 MPa bentuk sambungan las yang sempurna serta struktur partikelnya memadat menghasilkan nilai tegangan t arik yang tinggi yaitu sebesar 151 MPa dan nilai kekerasan48 HRB. Pada pengelasan gesek dengan tekanan 5MPa memiliki nilai tarik sebesar 141 MPa dan nilai kekerasan 43 HRB dengan struktur partikel yang memadat akan tetapi pada daerah las tidak tersambung dengan baik. Pada tekanan 7 MPa memiliki nilai tarik yang rendah sebesar 125 MPa struktur partikelnya semakin memadat dengan nilai kekerasan 38 HRB. Kata Kunci: las gesek, tekanan, kekerasan, kukuatan uji tarik, struktur mikro
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Mesin |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 05 Mar 2021 02:40 |
Last Modified: | 05 Mar 2021 02:40 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2950 |
Actions (login required)
View Item |