Wahid Hasyim University | Digital Repository

IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENJASORKES BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI MADRASAH ALIYAH SE-KABUPATEN KENDAL TAHUN 2019

JUNTORO, JUNTORO (2020) IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENJASORKES BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI MADRASAH ALIYAH SE-KABUPATEN KENDAL TAHUN 2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
158010022 Juntoro.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi,Penjasorkes, Pembelajaran dan Kurikulum 2013 Permasalahan dalam penelitian ini antara lain sarana dan prasarana yang kurang mendukung proses implementasi, dan guru yang belum linier sebagai pengajar penjasorkes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pelaksanaan pembelajaran penjasorkes berdasarkan kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Kendal tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan variabel terikat implementasi pelaksanaan berdasarkan kurikulum 2013 dan variabel bebas pembelajaran penjasorkes. Instrumen angket yaitu memberikan butir butir pertanyaan sejumlah 40 pertanyaan yang di berikan kepada sampling 9 Madrasah Aliyah dengan kriteria akreditasi, 3 Madrasah Aliyah dengan akreditasi A, 3 dengan akreditasi B dan 3 terakhir dengan akreditasi C. Masing-masing di ambil waka kurikulum dan 1 guru penjasorkes kelas XI, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 9 Waka Kurikulum, 9 guru penjasorkes. Hasil penelitian dan analisis data. Implementasi pelaksanaan penjasorkes berada pada kategori baik sekali sebanyak 16,66% (3 Madrasah Aliyah),kategori baik sebanyak 50% (9 Madrasah Aliyah), kategori cukup sebanyak 33,33% (6 Madrasah Aliyah) dan kategori kurang sebanyak 0%. Dan dari pengamatan di lapangan diperoleh hasil statistik skor data hasil penelitian tentang implementasi pelaksanaan penjasorkes di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Kendal tahun 2019 didapat skor minimum 101; skor maksimum 146; dan skor rata rata 123,5; hasil ini di peroleh dari peneliti, kemudian dari waka kurikulum diperoleh hasil skor minimum111; skor maksimum 152; dan skor rata rata 131,5. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi pelaksanaan pemberlajaran penjasorkes berdasarkan kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah se Kabupaten Kendal sudah berjalan dengan baik meskipun terdapat kekurangan yang dapat menghambat proses implementasi pelaksanaan, Saran untuk pihak sekolah di harapkan untuk dapat memberikan motivasi terhadap guru dalam melaksanakan kurikulum 2013 dan untuk lebih memperhatikan sarana prasarana pembelajaran penjasorkes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 22 Feb 2021 03:20
Last Modified: 22 Feb 2021 03:20
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2837

Actions (login required)

View Item View Item