Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH DENGAN MEDIA BAN BEKAS PADA SISWA KELAS XI SMA N 1 KENDAL

AKRIS, CAKRA WARDANI (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH DENGAN MEDIA BAN BEKAS PADA SISWA KELAS XI SMA N 1 KENDAL. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
148010093 Akris Cakra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Lompat Jauh, hasil belajar, media ban bekas. Penelitian ini dilakukan berdasarkan observasi di tempat penelitian SMA N 1 Kendal di dapatkan hasil penguasaan tes psikomotorik lompat jauh mata pelajaran pendidikan jasmani dengan materi cabang lompat jauh pada siswa kelas XI SMA N 1 Kendal yaitu sebanyak 24 siswa dalam kategori belum tercapai, 5 siswa termasuk dalam kategori tercapai dan sisanya sebanyak 6 siswa dalam kategori terlampaui dari nilai ketuntasan belajar lompat jauh minimal, yaitu dengan KKM 75. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas XI SMA N 1 Kendal melalui media ban bekas dalam permainan lompat ban bekas. Pendekatan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (action reseach) untuk memecahkan masalah dalam pembelajaran di kelas. Desain penelitian dalam memecahkan masalah penelitian melalui pendekatan penelitian tindakan kelas ini permasalahan yang dirasakan dan ditemukan oleh guru dan siswa dapat dicarikan solusinya. Analisa data teridiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penigkatan hasil belajar lompat jauh dengan rata-rata nilai sebesar 75 pada siklus I dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 16 siswa (45,7%) dan siswa belum tuntas sebanyak 19 siswa (54,3%) dan rata-rata nilai 83 pada siklus II dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 28 siswa (80%) dan siswa belum tuntas sebanyak 7 siswa (20%), sehingga terdapat peningkatan nilai sebesar 8 poin atau 8%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas XI SMA N 1 Kendal melalui permainan lompat ban bekas dengan media ban bekas meningkat dari siklus I ke siklus II. Saran yang diberikan bagi siswa untuk melakukan latihan dengan menggunakan media ban bekas dalam peningkatan penguasaan lompat jauh secara rutin. Bagi guru diharapkan merancang bentuk pembelajaran yang baik agar diperoleh hasil belajar yang optimal, salah satunya dengan berbantuan media ban bekas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 20 Feb 2021 04:59
Last Modified: 20 Feb 2021 04:59
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2827

Actions (login required)

View Item View Item