Laili, Okta Kinanti (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR LEMBING MENGGUNAKAN SASARAN LEMPAR TALI GANTUNG PADA SISWA KELAS XI RPL 2 SMK NEGERI 4 KENDAL TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.
Text
148010037 Laili Okta.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Kata Kunci : Hasil Belajar Lempar Lembing, Lempar Tali Gantung. Latar belakang penelitian ini adalah nilai siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) mencapai 75% dan teknik dasar lempar lembing belum di kuasai sebagian besar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran sasaran lempar tali gantung terhadap hasil belajar lempar lembing. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, sedangkan populasi dan sampel pada penelitian ini adalah Siswa kelas XI RPL 2 SMK Negeri 4 Kendal Tahun Pelajaran 2018-2019 yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 8 siswa putra dan 24 siswa putri. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu variable bebas : media pembelajaran sasaran tali gantung dan variabel terikat : Hasil Pembelajaran lempar lembing. Kegiatan penelitian tindakan kelas ini melalui fase perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Sedangkan untuk mengukur prestasi belajar siswa menggunakan sistem presentasi kenaikan kelulusan pada hasil setiap siklus. Analisis Hasil Evaluasi menggunakan sistem presentasi kenaikan tingkat kelulusan. Berdasarkan hasil dari perhitungan data, hasil belajar siswa sebelum tindakan siklus I menunjukkan bahwa nilai pre-test I adalah : nilai terendah 55 dan nilai tertinggi 85. Tingkat kelulusan hanya mencapai 25%. Hasil belajar siklus I setelah dilakukan tindakan menunjukkan bahwa nilai post- test I yaitu nilai terendah 54 dan nilai tertinggi 89. Tingkat kelulusan mencapai 37%. Hasil belajar siklus II setelah dilakukan tindakan menunjukkan bahwa nilai terendah dan nilai tertinggi 65. Tingkat kelulusan pada siklus II mencapai 87%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah 1.)Ada Peningkatan hasil belajar melalui media pembelajaran sasaran lempar tali gantung, 2.)Adanya Peningkatan hasil belajar melalui tindakan penelitian siklus I ke siklus II.Saran dalam penelitian ini yaitu guru harus mengajarkan media sasaran lempar tali gantung pada materi pembelajaran lempar lembing agar siswa lebih mudah memahami dan melaksanakan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 20 Feb 2021 04:28 |
Last Modified: | 20 Feb 2021 04:28 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2818 |
Actions (login required)
View Item |