Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI GULING DEPAN MELALUI PERMAINAN GAJAH BERJALAN PADA SISWA KELAS IV B SDIT AL-MA’RUF TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2019 / 2020

Muhammad, Zuhdi Mubarok (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI GULING DEPAN MELALUI PERMAINAN GAJAH BERJALAN PADA SISWA KELAS IV B SDIT AL-MA’RUF TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2019 / 2020. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
148010036 M Zuhdi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi siswa SDIT Al-Ma’ruf Tegalrejo Tahun Ajaran 2019/2020, masih rendahnya nilai senam lantai guling depan siswa dan kurangnya antusias siswa ketika mengikuti pelajaran. Penelitian ini bertujuan unuk meningkatkan hasil belajar senam lantai guling depan siswa setelah melakukan metode modifikasi permainan gajah berjalan. Metode penelitian yang digunakan yaitu desdeskriptif kuantitatif dengan penedakatan penelitian tindakan kelas. Melalui penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pembelajaran senam lantai guling depan pada siswa kelas IV B SDIT Al-Ma’ruf Tegalrejo Magelang, Melalui metode modifikasi permaianan gajah berjalan ini, siswa melakukan senam lantai guling depan sambil bermain permainan modifikasi gajah berjalan. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru merencanakan tindakan pembelajaran yang berlangsung selama 2 siklus Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus dan dilakukan analisis dapat menghasilkan bahwa melalui pendekatan permainan gajah berjalan dapat meningkatkan hasil belajar senam lantai guling depan siswa kelas IV B SDIT Al-Ma’ruf Tegalrejo Magelang Tahun Ajaran 2019/2020 .ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata siswa. Nilai rata-rata siswa pada kondisi awal sebesar 69, dengan persentase ketuntasan sebesar 26%. Kondisi tersebut mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu sebesar 72,51 dan persentase ketuntasan sebesar 56%. Kemudian setelah melanjutkan ke siklus II nilai rata-rata kemampuan senam lantai guling depan siswa kembali mengalami peningkatan sebesar 50,89 dengan persentase ketuntasan sebesar 81%.. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa melalui pendekatan permainan gajah berjalan dapat meningkatkan hasil belajar senam lantai guling depan siswa kelas IV B SDIT Al-Ma’ruf Tegalrejo Magelang Tahun Pelajaran 2019/2020. Saran, guru penjas hendaknya lebih mengembangkan pengetahuannya mengenai kegiatan-kegiatan pembelajaran dalam peningkatan kemampuan guling depan, sehingga dapat memberikan pembelajaran yang lebih bervariasi bagi anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 20 Feb 2021 04:17
Last Modified: 20 Feb 2021 04:17
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2817

Actions (login required)

View Item View Item