Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGARUH KELOMPOK REFERENSI DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION PADA APLIKASI SHOPEE (Studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen Universitas Wahid Hasyim Semarang)

Nidaun, Nasikh (2020) PENGARUH KELOMPOK REFERENSI DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION PADA APLIKASI SHOPEE (Studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen Universitas Wahid Hasyim Semarang). Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
151010070 Nidaun Nasikh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan apakah ada pengaruh kelompok referensi dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian produk fashion pada aplikasi shopee. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer atau kuesioner. Sedangkan sampel penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen Unwahas yang paling sering membeli fashion melalui shopee. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan rumus Slovin diperoleh 83 responden dari total populasi 490 mahaiswa. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas), analisis regresi linier berganda, uji t (parsial), uji f (simultan), uji determinasi. Pengujian dilakukan menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan variabel kelompok referensi (X1) diperoleh t hitung yaitu 1,570 < t tabel yaitu 1,988 dan nilai probabilitas untuk koefisien regresi X1 yaitu 0,120 > 0,05, karena probabilitas signifikan jauh lebih besar dari 0,05 maka H01 diterima dan Ha1 ditolak. Hal ini menunjukan bahwa secara parsial Ha1 y ang menyatakan bahwa kelompok referensi berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Gaya hidup (X2) diperoleh t hitung yaitu 3,032 > t tabel yaitu 1,988 dan nilai probabilitas untuk koefisien regresi X2 sebesar 0,001 < 0,05, karena probabilitas signifikan jauh lebih kecil dari 0,05 maka H02 ditolak dan Ha2 diterima. Hal ini menunjukan bahwa secara parsial Ha2 yang menyatakan bahwa gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji simultan terdapat hasil perhitungan f hitung > f tabel (15,670 > 3,11) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Karena probabilitas signifikan jauh lebih kecil dari 0,05 maka H03 ditolak dan Ha3 diterima. Hal ini menunjukan bahwa secara simultan yang menyatakan bahwa antara variabel kelompok referensi dan gaya hidup secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi diketahui bahwa nilai R 0,531, nilai Adjusted R Square sebesar 0,264 atau 26,4%. Hal ini menunjukkan bahwa 26,4% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel kelompok referensi dan gaya hidup, sedangkan sisanya sebanyak 73,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci : Kelompok Referensi, Gaya Hidup, Keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 02 Feb 2021 07:58
Last Modified: 02 Feb 2021 07:58
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2624

Actions (login required)

View Item View Item