Wahid Hasyim University | Digital Repository

ANALISIS BUKU AJAR SISWA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MADRASAH TSANAWIYAH BERBASIS KURIKULUM 2013 (Studi Komparasi Buku Muta’alimah Abd. Rokhim dengan Buku T.Ibrahim Darsono)

Mawaddatus, Sholehah (2020) ANALISIS BUKU AJAR SISWA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MADRASAH TSANAWIYAH BERBASIS KURIKULUM 2013 (Studi Komparasi Buku Muta’alimah Abd. Rokhim dengan Buku T.Ibrahim Darsono). Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
166010046 Mawaddatus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Kata Kunci : Analisis Buku Ajar Siswa ,Akidah Akhlak, Kurikulum 2013 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan kurikulum 2006 (KTSP) menjadi kurikulum 2013 yang membuat penulisan pada buku ajar dijadikan sebagai acuan. Penelitian ini bertujuan mengetahui aspek isi yaitu struktur buku, kesesuaian isi materi, kelebihan dan kekurangan buku. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) yakni jenis penelitian yang berusaha menghimpun data penelitian dari khasanah literatur dan menjadikan “dunia teks” sebagai objek utama analisisnya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menghimpun data dari berbagai literatur, yaitu data kepustakaan, buku-buku, jurnal, artikel, atau beberapa karya tulis yang berkaitan dengan pembahasan penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif, dimana subjek penelitian ini adalah buku akidah akhlak madrasah tsanawiyah berbasis kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Muta’alimah dan Abdul Rokhim, sedangkan objek penelitian ini adalah aspek isi yaitu struktur buku, kesesuaian isi materi, kelebihan dan kekurangan buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penilaian dalam buku ajar Akidah Akhlak kelas VII pada madrasah tsanawiyah berbasis kurikulum 2013 sudah sesuai dengan indikator kelayakan isi buku, karena telah sesuai dengan kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD) pada buku ajar yang berkaitan, hanya saja masih terdapat struktur atau urutan materi yang kurang tepat. 2) Berkenaan dengan konteks yang ada dengan kompetensi inti dan kompetensi dasarnya, materi yang terkandung didalamnya sudah sangat berkenan dengan akidah akhlak atau tidak tercampur dengan materi yang lain, nasehat atau akhlak karimah yang terkandung dalam setiap materi pembahasan sangat sederhana sehingga bisa diterapkan langsung dalam kehidupan sehari-hari. 3) Secara umum materi telah memenuhi syarat keakuratan baik dari aspek isi maupun rujukan yang digunakan, namun didalam buku ajar ini masih terdapat kekurangan yaitu kurangnya dalil-dalil al-qur’an, perlu penambahan materi, dan penulisan masih ada yang salah, kurangnya indeks buku pada halaman terakhir. Uraian materi dalam buku ini disajikan dengan bahasa sederhana sesuai dengan tingkat pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 01 Feb 2021 07:23
Last Modified: 01 Feb 2021 07:23
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2540

Actions (login required)

View Item View Item