Ika, Mufarikha (2020) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS VIII MTS NU 01 CEPIRING. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.
Text
156010238 Ika Mufarikha.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Kata Kunci: Penggunaan Meme Sebagai Media Pembelajaran Mapel SKI. Proses belajar mengajar dikelas terkadang membuat peserta didik jenuh dan kurang menikmati pembelajaran tersebut. Oleh karena itu seorang guru hendaknya memiliki kemampuan atau keterampilan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Melalui media pembelajaran diharapkan dapat merangsang peserta didik untuk lebih tertarik mengikuti pembelajaran. Berdasarkan dari pemikiran diatas maka peneliti memfokuskan penelitian pada Efektifitas Penggunaan Meme Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VIII MTs NU 01 Cepiring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektifkah penggunanaan meme sebagai media pembelajaran terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI . Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang berdesaian “posttes-only control design”. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan uji Independent Sample t test, yaitu untuk menguji signifikansi beda rata-rata dua kelompok antara kelas eksperimen dengan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan meme sebagai media pembelajaran efektif terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan I slam (SKI ) dalam materi Dinasti Ayyubi yah kelas VIII MTs NU 01 Cepiring tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai post test antara kelas VIII B (kelas eksperimen) dan kelas VIII E (kelas kontrol). Kedua kelas memiliki nilai rata-rata yang berbeda, y aitu rata-rata nilai post test kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, sebesar 80,03 dan kelas kontrol sebesar 67,81. Analisis uji hipotesis Independent Sample t-test menggunakan SPSS 16.0 dengan taraf signifikansi 5%, dimana kelas eksperimen dan kelas kontrol memperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 artinya < 0,05 karena t hitung > t tabel, maka (Ho) di tolak dan (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Jadi penggunaan meme sebagai media pembelajaran efektif terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI ) kelas VIII MTs NU 01 Cepiring tahun pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 01 Feb 2021 07:14 |
Last Modified: | 01 Feb 2021 07:14 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2534 |
Actions (login required)
View Item |