Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SANTRI PADA MATA PELAJARAN ILMU TAJWID (MATERI HUKUM BACAAN NUN SUKUN DAN MIM SUKUN BERTEMU HURUF HIJAIYAH) MELALUI PENGGUNAAN MODEL RECIPROCAL TEACHING KELAS III TSANAWIYAH DI MADRASAH DINIYAH MIFTAHUL HUDA PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA KALIWUNGU KENDAL

Ahmad, Khannani Yusuf (2020) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SANTRI PADA MATA PELAJARAN ILMU TAJWID (MATERI HUKUM BACAAN NUN SUKUN DAN MIM SUKUN BERTEMU HURUF HIJAIYAH) MELALUI PENGGUNAAN MODEL RECIPROCAL TEACHING KELAS III TSANAWIYAH DI MADRASAH DINIYAH MIFTAHUL HUDA PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA KALIWUNGU KENDAL. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
156010198 Ahmad Khannani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Upaya, Meningkatkan, Reciprocal Teacing, prestasi belajar Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui keefektifan strategi pembelajaran Reciprocal Teacing pada matapelajaran Tajwid kelas III Tsanawi yah Madrasah Diniyah Miftahul Huda, (2) Mengetahui hasil belajar santri setelah penerapan strategi pembelajaran Reciprocal Teacing pada matapelajaran Tajwid kelas III Tsanawi yah Madrasah Dini yah Miftahul Huda Kaliwungu Kendal(3) Mengetahui peningkatan belajar santri melalui strategi pembelajaran Reciprocal Teacing pada mata pelajaran Tajwid kelas III Tsanawi yah Madrasah Diniyah Miftahul Huda Kaliwungu Kendal. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 tahap, y aitu pra siklus, siklus I , dan siklus II . Adapun tiap siklus terdiri dari empat prosedur, yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Dengan subyek penelitian Tajwid kelas III Tsanawiyah Madrasah Dini yah Miftahul Huda Kaliwungu Kendal sebanyak 30 santri. Pada tahap pra siklus, nilai rata-rata hasil belajar santri adalah 65,5 dengan ketuntasan belajar klasikal 16,6 %. Setelah dilaksanakan strategi pembelajaran Reciprocal Teacing, pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar santri adalah 73,8 dengan ketuntasan belajar klasikal 66,6 %. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar santri meningkat menjadi 90,3 dengan ketuntasan belajar klasikal 100 %. Hal ini membuktikan bahwa melalui strategi pembelajaran Reciprocal Teacing dapat meningkatkan hasil belajar santri kelas III Tsanawi yah Madrasah Diniyah Miftahul Huda Kaliwungu Kendal pada mata pelajaran Tajwid kompetensi dasar, Hukum bacaan nun sukun dan mim sukun bertemu huruf hijaiyah Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar dan semoga bisa memberikan sedikit kontribusi bagi dunia pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 01 Feb 2021 07:03
Last Modified: 01 Feb 2021 07:03
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2528

Actions (login required)

View Item View Item