Wahid Hasyim University | Digital Repository

KEBIJAKAN PENERAPAN MUATAN LOKAL DALAM MENINGKATKAN MUTU SISWA DI SMP MANBAUL HIKMAH MOROREJO KALIWUNGU KENDAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Azhariyah, Azhariyah (2020) KEBIJAKAN PENERAPAN MUATAN LOKAL DALAM MENINGKATKAN MUTU SISWA DI SMP MANBAUL HIKMAH MOROREJO KALIWUNGU KENDAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
156010176 Azhariyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci: kurikulum muatan lokal, mutu siswa. Kurikulum yang disusun dengan baik akan menghasilkan pendidikan yang baik sesuai kebutuhan peserta didik. Peningkatan mutu pendidikan siswa dalam sekolah tidak cukup hanya dengan mengandalkan kurikulum y ang sudah ada dalam kurikulum nasional tetapi dapat ditunjang dengan adanya kurikulum muatan lokal yang ditujukan untuk materi-materi berbasis pesantren. Hal ini diperlukan untuk pengembangan program pendidikan yang sesuai dengan potensi daerah, minat dan kebutuhan peserta didik dan kebutuhan daerah. Di SMP Manbaul Hikmah menerapkan beberapa kajian kitab kuning dalam pembentukan mutu siswa yang merupakan ciri khas sekolah yang berbasis pesantren sebagai lembaga pendidikan islam yang berada di tengah-tengah masyarakat yang masih kental keberagamaannya. Setelah peneliti memaparkan latar belakang, maka ada beberapa permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, antara lain: 1) kebijakan penerapan kurikulum muatan lokal dalam meningkatkan mutu siswa di SMP Manbaul Hikmah, 2) faktor pendukung dan penghambat dalam upaya peningkatan mutu siswa di SMP Manbaul Hikmah. Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana penerapan kurikulum muatan lokal di SMP Manbaul Hikmah yang mencakup. Landasan, Tujuan, I si kurikulum, Kebijakan penerapan muatan lokal dalam meningkatkan mutu siswa, Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan mutu siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti melakukan proses pengumpulan data dengan menggunakan teknik pengamatan, wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul secara keseluruhan, maka langkah selanjutnya adalah proses analisis data meliputi reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kebijkan kurikulum muatan lokal yang di terapkan di SMP Manbaul Hikmah Mororejo Kaliwungu Kendal berhasil meningkat, berjalan dengan baik dan lancar, serta sesuai dengan beberapa aturan dan prinsip yang telah ditentukan oleh pemerintah. Faktor pendukung dalam meningkatkan mutu siswa adalah kepemimpinan Kepala Sekolah, dan guru. Adapun faktor penghambat dalam meningkatkan mutu siswa adalah karakter siswa dan latar belakang keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 01 Feb 2021 06:43
Last Modified: 01 Feb 2021 06:43
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2524

Actions (login required)

View Item View Item