Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU MENYIMPANG PESERTA DIDIK DI MA TSAMROTUL HUDA KARANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2019

DZIHNUL, MAFTUHAH (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU MENYIMPANG PESERTA DIDIK DI MA TSAMROTUL HUDA KARANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
156010096 Dzihnul.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Media Sosial, Perilaku Menyimpang Peserta Didik Media sosial merupakan satu diantara sekian banyak hasil kecanggihan teknologi saat ini. Selalu ada jalur keluar melalui media sosial terhadap kebutuhan akan beragam komunikasi yang muncul di masyarakat. Perkembangan media sosial ini tentu saja membawa banyak dampak, baik itu dampak positif maupu nnegatif terhadap pendidikan anak pada usia remaja, terlebih lagi perilaku anak. Namun ditengah kehidupan masyarakat kadang-kadang masih kita jumpai tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan aturan (norma) yang berlaku pada masyarakat, misalnya : Sengaja bermain media sosial saat jam pelajaran berlangsung, berbagi foto / video yang tidak sepantasnya di media sosial, berkelahi karena saling ejek di media sosial,hingga berkata kasar di media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap perilaku yang menyimpang peserta didik di MA Tsamrotul Huda Karangharjo Kabupaten Grobogan Tahun 2019. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif, populasi penelitian ini adalah 90 siswa, penelitian ini sampel yang diambil semua populasi yaitu 90 siswa. Metode Pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penggunaan media sosial peserta didik di MA Tsamrotul Huda Karangharjo Kabupaten Grobogan Tahun 2019 diperoleh rata-rata 53 dalam kategori kurang baik, yakni pada interval 52 – 53 . 2) Perilaku menyimpang peserta didik di MA Tsamrotul Huda Karangharjo Kabupaten Grobogan Tahun 2019 diperoleh rata-rata 46 dalam kategori kurang baik, yakni terletak pada interval 46 – 47 . 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media sosial terhadap perilaku menyimpang peserta didik di MA Tsamrotul Huda Karangharjo Kabupaten Grobogan Tahun 2019. Hal ini dapat ditunjukkan dengan bukti hasil perhitungan nilai observasi (ro) = 0,460 lebih besar jika dibandingkan dengan nilai r tabel (rt) pada taraf signifikan 5 % yaitu 0,205 dan nilai r pada tabel = 0,267 pada taraf signifian 1 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 01 Feb 2021 04:43
Last Modified: 01 Feb 2021 04:43
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2510

Actions (login required)

View Item View Item