Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN FIQIH DENGAN MATERI SHALAT JENAZAH DI MTs AL-HADI GIRIKUSUMA KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2019/2020

Muhammad, Ahsanul Kholiqin (2020) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN FIQIH DENGAN MATERI SHALAT JENAZAH DI MTs AL-HADI GIRIKUSUMA KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
156010091 M Ahsanul Kholiqin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci : penerapan metode demonstrasi, mapel fiqih, materi shalat jenazah Pendidikan di sekolah diperoleh melalui proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar merupakan kegiatan melaksanakan kurikulum suatu sekolah, agar dapat mempengaruhi siswa untuk menjadi siswa yang memiliki tingkah laku baik, intelektual, moral maupun sosial yang baik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapanagan. Sumber data (1) Sumber data langsung (data primer) yaitu data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan subyek yang diteliti. Dalam penelitian ini sumber informan adalah kepala sekolah dan guru mapel. (2) Sumber data tidak langsung (data sekunder), yaitu data-data yang diambil dari instansi terkait yang diteliti. Dalam penelitian ini sumber informan berasal dari warga siswa MTs AlHadi Girikusumabuku-buku yang berkaitan dengan penelitian. (1) Pengumpulan Data (2) Reduksi Data (3) Penyajian Data (4) Verifikasi data. Hasil penelitaian menunjukkan bahwa (1) 1.Pembelajaran fiqih dengan menggunakan metode demonstrasi di MTs Al Hadi Girikusuma berjalan dengan prosedur yang ada. Pembelajaran metode demonstrasi melalui persiapan pelaksanaan dan evaluasi. Proses pembelajaran dengan metode demonstrasi mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Sehingga suasana pembelajaran lebih kondusif. Semua sisiwa terlibat dalam pembelajaran baik secara individu maupun kelompok. (2) Menggunakan metode ini juga meningkatkan kreativitas siswa dalam menyusun prosedur yang akan mereka praktekan. Pemahaman siswa terhadap materi fiqih juga mengalami penigkatan. Siswa menjadi percaya diri mengekspresikan pendapat tentang materi yang disampaikan kepada guru mata pelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 01 Feb 2021 04:16
Last Modified: 01 Feb 2021 04:16
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2508

Actions (login required)

View Item View Item