Atabikal, Huda (2020) PENERAPAN METODE MUHAFADZAH KITAB NADZAM DI SEKOLAH PERSIAPAN MADRASAH SALAFIYAH MIFTAHUL HIDAYAH PONDOK PESANTREN SALAF APIK KALIWUNGU KENDAL. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.
Text
146010191 Atabikal Huda.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Kata Kunci: Penerapan Metode Muhafadzah Kitab Nadzam Proses belajar mengajar yang bertujuan untuk mengingat pelajaran serta melatih daya ingat dapat berlangsung dengan baik apabila seorang guru mampu menerapkan metode menghafal dengan baik. Maka seorang guru harus mampu mengelola proses pembelajaran sehingga dapat menghasilkan prestasi peserta didik yang berkualitas. Jadi dibutuhkan metode menghafal yang baik dan terencana, agar pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan target yaitu memberikan tingkat keberhasilan peserta didik dalam menghafal pelajaran Berdasarkan dari pemikiran di atas maka peneliti memfokuskan penelitian pada Penerapan Metode Muhafadzah Kitab Nadzam Di Sekolah Persiapan Madrasah Salafi yah Miftahul Hidayah Pondok Pesantren Salaf APIK Kaliwungu Kendal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode muhafadzah di Sekolah Persiapan Madrasah Salafiyah Miftahul Hidayah Pondok Pesantren Salaf APIK dan faktor penghambat penerapan metode muhafadzah kitab nadzam juga solusi untuk menghadapi faktor penghambat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan penelitian kualitatif, juga menggunakan pendekatan penelitian fenomenologis. Sumber datanya berupa data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan penerapan metode muhafadzah kitab nadzam di Sekolah Persiapan Madrasah Salafiyah Miftahul Hidayah Pondok Pesantren Salaf Apik Kaliwungu Kendal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode hafalan yang digunakan adalah metode wahdah, metode talqin, metode tsimai‟. Faktor penghambat penerapan metode muhafadzah kitab nadzam yang paling sering terjadi adalah kurangnya istiqomah, bait nadzam y ang serupa, sering menunda waktu utnuk menghafal. Kemudian solusi bagi faktor penghambat adalah dengan mengkode bagi nadzam yang awal kalimatnya hampir serupa, kemudian menjadwal target hafalan setiap hari, konsisten muraja’ah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 01 Feb 2021 03:22 |
Last Modified: | 01 Feb 2021 03:22 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2496 |
Actions (login required)
View Item |