Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENERAPAN METODE AL MA’ARIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR BACA TULIS AL-QUR’AN SANTRI TPQ MIFTAHUL HUDA KENDAL

Abdul, Chalim (2020) PENERAPAN METODE AL MA’ARIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR BACA TULIS AL-QUR’AN SANTRI TPQ MIFTAHUL HUDA KENDAL. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
146010160 Abdul Chalim.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : Penerapan, Metode Al Ma‟arif, baca tulis Al-Qur‟an. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Al Marif di TPQ Miftahul Huda Kendal, bagaimana usaha pendidik untuk meningkatkan kemampuan belajar baca tulis Al-Qur‟an santri TPQ Miftahul Huda Kendal dan bagaimana yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode Al Ma‟arif di TPQ Miftahul Huda kendal. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif lapangan, adapun untuk memperoleh data-data yang dipaparkan dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi, yang kemudian akan dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Metode Al Ma‟arif adalahsuatu Metode dalam belajar mengajar Al Qur‟an yang langsung memasukkan dan mempraktekkan bacaan tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwidnya. Sesuai dengan latar belakang Al Ma‟arif dan Taman Pendidikan Al-Qur‟an, maka metode Al Ma‟arif mempunyai maksud dan tujuan, tarjet, prinsip, dan strategi mengajarnya. Metode Al Ma‟arif sendiri memiliki cara yang ditempuh untuk menyampaikan materi, yang disusun secara sistematis dalam bentuk paket “Cara mudah belajar membaca Al-Qur'an Al Ma‟arif” dari jilid pra TK sampai jilid 5, gharib, serta dilengkapi dengan buku ilmu tajwid beserta penjelasannya. TPQ Miftahul Huda dalam penerapan pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an menggunakan beberapa metode yang berbeda-beda yaitu: Klasikal, Klasikal baca simak, Prifat / Individual, Tanya Jawab dan diselingi bercerita. Semua Metode tersebut digunakan guru sebagai upaya agar anak didik bisa cepat dalam membaca dan menulis Al-Qur‟an. Pada penerapan sebuah metode tentunya ada faktor-faktor yang mempengaruhinya baik baik faktor yang mendukung maupun yang menghambat, namun pengaruh utamadipegang oleh Guru, Karena Guru sebagai fasilitator yang menyampaikan materi. Semua Guru di TPQ Miftahul Huda semuanya sudah mengikuti pendidikan guru pengajar Al-Qur‟an (PGPQ) yang menjadikan setiap guru yang mengajar sudah pasti menguasai materi pembelajaran ini menjadikan keunggulan tersendiri bagi TPQ Miftahul Huda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 01 Feb 2021 03:17
Last Modified: 01 Feb 2021 03:17
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2494

Actions (login required)

View Item View Item