Wahid Hasyim University | Digital Repository

ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM FULL DAY SCHOOL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MI NU 65 GEBANGANOM KENDAL

Lutfiyatul, Mustafidah (2020) ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM FULL DAY SCHOOL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MI NU 65 GEBANGANOM KENDAL. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img] Text
166050029 Lutfiyatul.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Full day school, karakter Religius Karakter religius yaitu karakter yang menunjukan perilaku patuh dalam melaksanakan ajaran agama, dapat diwujudkan dengan menjalankan perintah tuhan dan menjahui segala larangannya, toleran terhadap ibadah agama lain, dan hidup rukun terhadap pemeluk agama lain. Seiring dengan perkembangan zaman yang menyebabkan penurunan karakter terhadap siswa. Program yang hadir sebagai alternatif yaitu program full day school, merupakan terobosan penting dalam upaya menjadikan madrasah sebagai organisasi pembelajar yang memiliki karakter religius dimana kegiatan yang dilakukan adalah kegiatan Madrasah diniah, sholat dhuha dan dzuhur berjamaah, dan extrakurikuler. Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) program full day school dalam membentuk karakter religius siswa, (2) penerapan full day school dalam membentuk karakter religius siswa, (3) faktor pendukung dan penghambat penerapan program full day school dalam membentuk karakter religius siswa. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tiga pembahasan program full day school terhadap pembentukan karakter religius siswa di MI NU 65 Gebanganom Kendal, yaitu (1) program full day school dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran sehari penuh dimulai hari senin sampai hari sabtu, mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 03.00. program full day school terdapat 3 kegiatan yaitu kegiatan harian, mingguan, dan tahunan (2) penerapan full day school terdapat tiga tahapan yaitu keteladanan, tindakan, pembiasaan. (3) faktor pendukung dan penghambat dari faktor pendukung terdapat empat komponen yaitu:lingkungan sekolah, partisipasi orang tua, sarana dan prasarana, motivasi guru. Sedangkan faktor penghambat yaitu minat belajar kurang, pengaruh media sosial dan kesiapan guru kurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 12 Jan 2021 08:03
Last Modified: 12 Jan 2021 08:03
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2359

Actions (login required)

View Item View Item