Wahid Hasyim University | Digital Repository

MODEL PENDIDIKAN BERKARAKTER ISLAMI PEMIKIRAN KH. ABDURRAHMAN WAHID (KAJIAN DALAM BUKU ILMU PENDIDIKAN ISLAM PEMIKIRAN GUS DUR)

YUNITA, TRI ARIYANI (2019) MODEL PENDIDIKAN BERKARAKTER ISLAMI PEMIKIRAN KH. ABDURRAHMAN WAHID (KAJIAN DALAM BUKU ILMU PENDIDIKAN ISLAM PEMIKIRAN GUS DUR). Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (478kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang mulai ramai dibicarakan orang. Pendidikan karakter menawarkan solusi atas berbagai permasalahan anak bangsa, khususnya dalam degradasi moral. Sekarang ini banyak sekolah yang menerapkan pendidikan karakter dikarenakan melihat realitas sosial saat ini. Oleh karena itu penulis merasa tertarik untuk mengkaji Konsep Pendidikan Karakter Islami menurut pemikiran Gus Dur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Model Pendidikan Karakter Islami menurut Gus Dur. (2) Peran pesantren dalam upaya membentuk karakter islami pemikiraan Gus Dur telaah dalam buku Ilmu Pendidikan Islam Pemikiran Gus Dur. Penelitian ini bersifat kualitatif, menggunakan pendekatan studi tokoh dengan teknik content analysis y ang merupakan analisis ilmiah tentang isi pesan suatu komunikasi untuk memecahkan atau mencari solusi suatu permasalahan. Data penelitian yang terkumpul di analisis dengan menggunakan pendekatan deduktif dan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan karakter islami menurut Gus Dur merupakan konsep pendidikan yang bersandarkan pada tiga pilar, yaitu: (1) Manusia lahir dalam keadaan fitrah, (2) Setiap anak itu cerdas dan (3) Kebermaknaan pembelajaran. Sehingga dengan bersandar pada tiga pilar itu proses pendidikan karakter akan berjalan dengan efektif dan efisien, serta pentingnya peran pesantren dalam pembentukan karakter islami dan sesuai dengan tujuan pendidikan islam itu sendiri. Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang. Kata Kunci: Pendidikan Karakter Islami, Pemikiran Gus Dur, Telaah dalam buku Pendidikan Islam Pemikiran Gus Dur

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:02
Last Modified: 02 Jan 2020 04:02
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2191

Actions (login required)

View Item View Item