Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU PAI TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMK HIDAYATUL MUBTADI’IN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018

INA, FUTRI WAHYUNI (2019) PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU PAI TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMK HIDAYATUL MUBTADI’IN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kompetensi sosial dan kecerdasan emosional merupakan dua teori yang sangat menarik dalam dunia pendidikan. Fenomena adanya sebagian siswa yang kurang perhatian dan kurang berminat dalam mengikuti pelajaran di kelas, terutama pada mata pelajaran tertentu juga menjadi perhatian penulis. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah 1) mengetahui seberapa besarkah pengaruh kompetensi sosial Guru PAI SMK Hidayatul Mubtadi’in Kendal Tahun Pelajaran 2017/2018, 2) mengetahui seberapa tinggikah kecerdasan mosional Siswa SMK Hidayatul Mubtadi’in Kendal Tahun Pelajaran 2017/2018, 3) mengetahui Adakah Pengaruh antara Kompetensi Sosial Guru PAI terhadap Kecerdasan emosional Siswa di SMK Hidayatul Mubtadi’in Kendal Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dengan jumlah delapan puluh enam siswa. Pengambilan sampel peneliti menggunakan total sampling karena jumlah populasi kurang dari seratus siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari: kompetensi sosial guru sebagai variabel bebas (variabel X) dan kecerdasan emosional siswa sebagai variabel terikat (variabel Y). Metode pengumpulan data menggunakan metode angket untuk mengetahui kompetensi sosial guru dan kecerdasan emosional siswa. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis statistik atau analisis kuantitatif, dengan rumus analisis regresi sederhana menggunakan perhitungan statistik dengan program komputer SPSS. Dari hasil penelitian yang telah dianalisis dengan teknik statistic akhir yaitu Pada taraf signifikansi 5% dengan jumlah responden (N) = 86 diperoleh f tabel = 3,96 sedangkan fhitung = 7,38. Dengan demikian fhitung lebih besar atau dengan kata lain fhitung ftabel (7,38 3,96 ) hal ini menunjukkan signifikansi atau adanya pengaruh positif antara kedua variabel. Dan Pada taraf signifikansi 1% dengan jumlah responden (N) = 86 diperoleh f tabel = 6,96 sedangkan fhitung = 7,38. Dengan demikian fhitung lebih besar dari ftabel atau dengan kata lain f hitung ftabel (7,38 . Hal ini berarti menunjukkan signifikansi atau adanya pengaruh positif antara kedua variable Kata Kunci: Kompetensi Sosial Guru, Kecerdasan Emosional Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:20
Last Modified: 19 Dec 2019 04:20
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2123

Actions (login required)

View Item View Item