Na’imatul, Musyofa (2019) PENGARUH PEMAHAMAN ILMU TAJWID TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL – QUR’AN SANTRI DI MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN SALAF RAUDLOTUL QUR’AN MANGKANG KULON TUGU KOTA SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (459kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (656kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan membaca al-Qur’an berawal dari pendidikan non formal maupun informal, kemampuan membaca merupakan dasar untuk menguasai berbagai bidang studi. Membaca al-Qur’an dengan mengindahkan kaidah membaca harus disertai pedoman yang dilandasi oleh ilmu, karena bacaan alQur’an berbeda dengan bacaan perkataan manapun, karena isinya merupakan kalam Allah yang ayat-ayatnya disusun dengan rapi. Oleh sebab itu kita semua sebagai umat islam harus mempunyai pedoman belajar agar agar terhindar dari kesalahan-kesalahan membaca al-Qur’an, yaitu ilmu tajwid. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui korelasi antara dua variabel atau lebih. Penelitian ini merupakan penelitian sampel karena penelitian ini diambil 25% dari populasi yaitu 28 santri. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, interview, dan dokumentasi . Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis product moment. Pengujian hipotesis penelitian menunjukan bahwa: 1. Pemahaman ilmu tajwid santri di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Salaf Raudlotul Qur’an Mangkang Kulon Tugu Kota Semarang termasuk dalam kategori “ Baik”. Nilai tertinggi yang diperoleh yaitu H= 100 sedangkan nilai terendahnya yaitu L= 50 dan diperoleh nilai rata-rata yaitu 85,50 berada pada interval 85 – 92. 2. Kemampuan membaca al-Qur’an santri di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Raudlotul Qur’an Mangkang Kulon Tugu Kota Semarang termasuk dalam kategori “Baik”. Nilai tertinggi yang diperoleh yaitu H= 96 sedagkan nilai teredahnya yaitu L= 52 dan diperoleh nilia rat a-rata yaitu 77,71 yang berada pada interval 71 – 82. 3. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara pemahaman ilmu tajwid dengan kemampuan membaca al-Qur’an santri di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Salaf Raudlotul Qur’an Mangkang Kulon Tugu Kota Semarang dapat dilihat r xy yang diperoleh yaitu 0,513 lebih besar dari rtabel, pada taraf sigifikansi 5% = 0,374 maupun pada taraf sigifikansi 1% = 0.478. Hal ini menunjukan bahwa kedua variabel tersebut memiliki korelasi yang signifikan. Kata kunci: Pemahaman, Ilmu Tajwid, Kemampuan, Membaca Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 09 Dec 2019 07:21 |
Last Modified: | 09 Dec 2019 07:21 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2104 |
Actions (login required)
View Item |