Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGARUH GAYA MENGAJAR KOMANDO DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLING PADA PERMAINAN BOLA BASKET SISWA KELAS VII MTS AL ASROR SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015

Anisa Denis Wulan Sari, Anisa (2015) PENGARUH GAYA MENGAJAR KOMANDO DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLING PADA PERMAINAN BOLA BASKET SISWA KELAS VII MTS AL ASROR SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img] Text
cover dan abstrak .pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan yang mencakup pengajaran dan pelaksanaan nilai-nilai, isi pendidikan ialah tindakan-tindakan yang membawa anak didik kita mengalami dan menghayati nilai-nilai kemanusiaan, menghargai dan menyukai, sehingga anak didik membangun nilai-nilai kemanusiaan itu kedalam keadaan kepribadiannya. Permasalahan dalam Penelitian ini adalah : Bagaimana gaya mengajar komando pada pembelajaran dribbling pada permainan bola basket, bagaimana minat siswa mengikuti Pembelajaran dribbling pada permainan bola basket, agaimana pengaruh gaya mengajar komando dan minat belajar siswa terhadap hasil dribbling pada permainan bola basket. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui gaya mengajar komando pada pembelajaran dribbling pada permainan bola basket, 2) Untuk mengetahui minat siswa mengikuti Pembelajaran dribbling pada permainan bola basket, 3) Untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar komando dan minat belajar siswa terhadap hasil dribbling pada permainan bola basket. Populasi Penelitian ini berjumlah 178 siswa. Pengambilan sampel penelitian ini dengan teknik simple random sampling. Metode pengolahan dan analisis data menggunakan deskriptif presentase dan regresi linear berganda. Hasil uji regresi linear berganda menunjukan gaya mengajar komando berpengaruh pada hasil belajar dengan taraf signifikasi <0,05 yaitu 0,000. Minat belajar terhadap hasil belajar dengan taraf signifikasi <0,05 yaitu 0,010. Gaya mengajar komando dan minat belajar terhadap hasil belajar dribbling dengan taraf signifikasi <0,05 yaitu 0,000 Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan hasil penelitian adalah Gaya mengajar komando sangat mempengaruhi hasil belajar, Minat Belajar siswa mempengaruhi hasil belajar. . Saran yang diajukan berdasarkan hasil penelitian antara lain : 1) Guru harus mampu meningkatkan minat siswa terhadap olahraga bola basket di madrasah tersebut. 2) Dalam penyampaian materi pembelajaran kepada siswa, sebaiknya guru tidak hanya menggunakan satu metode saja dalam mengajar karena akan menimbulkan kebosanan dalam diri siswa, yang akhirnya siswa tidak akan tertarik pada pelajaran. 3) Cara pembelajaran yang kurang menarik menjadikan siswa kurang berminat dan kurang bersemangat untuk mengikuti pelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 14 Dec 2015 02:35
Last Modified: 14 Dec 2015 02:35
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/155

Actions (login required)

View Item View Item