Wahid Hasyim University | Digital Repository

IMPLEMENTASI METODE MENGHAFAL AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS MELALUI SURAT-SURAT PENDEK AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 KENDAL

Nur, Zuhdi (2018) IMPLEMENTASI METODE MENGHAFAL AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS MELALUI SURAT-SURAT PENDEK AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 KENDAL. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (820kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. BAB I.pdf

Download (418kB) | Preview
[img] Text
03. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
04. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text
05. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img]
Preview
Text
06. BAB V.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (868kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah menekankan proses kegiatan yang berorientasi pada kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa, yaitu membaca, menulis, menghafal, mengartikan, memahami, dan mengamalkan. Belajar Al-Qur’an memang sebaiknya dimulai sejak dini, yakni kita anak-anak mulai dapat menangkap dan merespon sesuatu dari luar dirinya, mulai dikenalkan dengan huruf hijaiyah, dan perlahan mulai belajar membaca. Sehingga ketika anak sudah berusia 10-12 tahun, yakni kisaran anak-anak berada di kelas V SD atau MI, mereka sudah mampu membaca dan menulis, dan mulai menghafal surat-surat pendek Al-Qur’an. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1). Bagaimana konsep metode menghafal surat-surat pendek Al-Qur’an di MIN 1 Kendal? 2). Bagaimana implementasi menghafal surat-surat pendek Al-Quran dalam meningkatkan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits di MIN 1 Kendal? 3). Bagaimana efektifitas metode hafalan tersebut dalam meningkatkan prestasi belajar siswa MIN 1 Kendal? Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif yang hasil temuan penelitian tidak dicapai dengan prosedur statistik atau model kuantifikasi lainnya. Penelitian kualitatif terbatas pada usaha mengungkapkan suatu masalah dan keadaan sebagaimana adanya, untuk mengungkap fakta dengan cara menganalisis data. Penelitian kualitatif dilaporkan dengan cara deskriptif, menjelaskan peristiwa dan analisis tanpa melalui simbol dan bilangan. Jenis penelitian kualitatif ini adalah penelitian lapangan yang memakai strategi studi kasus, yaitu strategi penelitian untuk memahami individu, kelompok, lembaga, dan latar tertentu secara mendalam. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1). Konsep menghafal Al-Qur’an di MIN Kendal sebagai pelajaran Al-Qur’an Hadits memiliki posisi penting di MIN 1 Kendal karena hafalan surat pendek Al-Qur’an penting dibaca saat shalat. Anak-anak harus diajarkan membaca AlQur’an dengan baik dan benar sejak usia dini. 2). Impelementasi metode menghafal dipengaruhi oleh faktor eskternal dan internal. Faktor eksternal antara latar belakang pendidikan agama orang tua siswa, lingkungan perkotaan, yang turut mempengaruhi keberhasilan pembelajaran Al-Qur’an dan Hadits. Dari faktor internal, beban pelajaran siswa yang banyak dan waktu pembelajaran Al-Qur’an dan Hadits yang terbatas turut mempengaruhi hasil pembelajaran Al-Qur’an dan Hadits. 3). Dari metode yang digunakan, yaitu klasikal, privat, dan post test, dan lainnya efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya dibidang menghafal surat pendek Al-Qur’an. Kesalahan membaca terkait dengan makhraj dan tajwid semakin sedikit setelah diterapkan metode menghafal surat-surat pendek Al-Qur’an. Kata Kunci : Hafalan Surat Pendek Al-Qur’an, Konsep Menghafal Surat Pendek, Pelajaran Al-Qur’an Hadits

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 03 Dec 2018 04:16
Last Modified: 03 Dec 2018 04:16
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1360

Actions (login required)

View Item View Item