MUCHYIDIN, MUCHYIDIN (2018) PENINGKATAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN FIQIH DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL AND PRACTICE (BERBANTU ALAT PERAGA GAMBAR PADA SISWA MADRASAH (Studi pada Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kabupaten Kendal). Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
cover.pdf Download (768kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (359kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (469kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana upaya peningkatan pemahaman pembelajaran Fiqih dengan menggunakan metode Drill And Practice berbantu alat peraga gambar bagi siswa kelas lima MIN 1 Kendal semester dua tahun ajaran 2017/2018. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kendal, yang bersifat deskriptif kualitatif dengan fokus pada penguatan pendidikan melalui pemahaman materi ibadah, pelaksanaan dan pembentukkan serta penguatan karakter islami yang diharapkan, baik dalam kehidupan pribadi maupun dalam bermasyarakat. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian lapangan ( field reseach ) yang terdiri dari empat komponen yaitu planning (perencanaan), acting (tindakan), observing (observasi), dan reflecting (refleksi). Dengan subjek penelitian siswa V berjumlah 36 orang siswa dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kendal tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket tertutup. Data-data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan prosentase yaitu membagi peningkatan rata-rata skor pemahaman belajar fikih dengan rata-rata skor sebelum pemberian tindakan lalu dikalikan 100%. Hasil analisis data menunjukkan ada peningkatan pemahaman dengan kategori tinggi, ini ditunjukkan dengan hasil belajar fikih yaitu sebelum tindakan nilai masih banyak yang di bawah KKM dengan setelah tindakan yang seluruhnya dapat tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tindakan untuk meningkatkan pemahaman belajar fikih dengan metode Drill And Practice melalui media gambar pada siswa kelas V MIN 1 Kendal telah berhasil yaitu dengan adanya peningkatan rata-rata nilai belajar fikih setelah diberi tindakan minimal 50% telah tercapai dengan tindakan (1) Siswa memperhatikan kata-kata atau kalimat yang harus di hafal; (2) Siswa lebih tertarik dengan pembelajaran yang disertai gambar; (3) Siswa mengulangi kata-kata atau kalimat pokok sesuai materi secara klasikal dan kelompok; (4) Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi berdasarkan gambar yang mereka buat sebagai hasil diskusinya dihadapan guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 29 Nov 2018 03:32 |
Last Modified: | 29 Nov 2018 03:32 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1354 |
Actions (login required)
View Item |