Choirul, Choirul (2018) IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH ISLAMI ( BuSI ) DALAM PENINGKATAN AKHLAK SISWA DI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
File 1 COVER.pdf Download (904kB) | Preview |
|
|
Text
File 2 BAB I.pdf Download (426kB) | Preview |
|
Text
File 3 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
File 4 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
File 5 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (532kB) |
||
|
Text
File 6 BAB V.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
File 7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
File 8 LAMPIRAN.pdf Download (842kB) | Preview |
Abstract
Budaya sekolah Islami (BuSI) adalah suatu gerakan penanaman nilai-nilai ke-Islam-an sebagai pembentukan karakter terhadap warga sekolah baik secara fisik maupun dalam bentuk kegiatan-kegiatan bertema Islami. Budaya sekolah menjadi suatu komitmen yang dipegang oleh sekolah untuk menunjukkan ciri khas-nya. Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang yang bertujuan untuk mengetahui Implementasi Budaya Sekolah Islami (BuSI) dalam Peningkatan Akhlak Siswa di SMA Islam Sultan Agung 1. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualiatif. Lokasi penelitian di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang, dengan subjek penelitian yaitu guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Uji keabsahan menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data; penyajian data, dan pengambilan simpulan. Analisis implementasi budaya sekolah Islami menggunakan metode yang digunakan dalam pendidikan akhlak Imam Al Ghozali. Hasil penelitian menunjukkan SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang memiliki program budaya sekolah Islami (BuSI) yang didalamnya terdapat implementasi budaya sekolah islami di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang melalui penguatan ilmu pengetahuan atas dasar nilai-nilai Islam dan penguatan ruhiyah (aqidah, ibadah, dan akhlak) untuk menciptakan lulusan generasi khaira ummah. Untuk keberhasilan program BuSI, sekolah mengimplikasikan budaya sekolah islami (BuSI) dalam beberapa kegiatan yaitu pada masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS), proses belajar mengajar, aktivitas diluar KBM dan pada kegiatan organisasi sekolah dan ekstrakurikuler. Penanaman nilai-nilai Islami dilakukan oleh guru dengan beberapa metode yaitu: mujahadah dan riyadhoh, keteladanan, pembiasaan, serta metode ganjaran dan hukuman. Metode ini menjadi sangat efektif untuk menanamkan kedisiplinan siswa demi keberhasilan BuSI. Implementasi ini menjadi hal yang penting bagi sekolah agar kelak dapat meluluskan generasi khaira ummah. Adanya faktor pendukung yang memperlancar program BuSI yaitu kerjasama dan komitmen antar elemen, dukungan warga sekolah, fasilitas pembelajaran yang representatif dan adanya reward and punishment bagi guru dan karyawan yang mengikuti program BuSI dengan baik. Disamping itu, terdapat kekurangan dari program BuSI diantaranya belum optimal penerapan sanksi, tugas tim BuSI rohis yang kurang maksimal, dan adanya kekhawatiran dari anggota akan persepsi masyarakat sebagai sekolah yang memiliki banyak aturan Kata Kunci : Budaya Sekolah, Nilai-nilai Islami, Implementasi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 29 Nov 2018 01:50 |
Last Modified: | 29 Nov 2018 01:50 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1350 |
Actions (login required)
View Item |