M.Faiqul, M.Faiqul Hilmi (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN DENGAN METODE AL-MA’ARIF PADA SISWA KELAS VI MDA 03 AL ITQON KEBONHARJO PATEBON KENDAL. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (871kB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (899kB) |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (912kB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (592kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (650kB) | Preview |
Abstract
Peningkatan prestasi belajar di pengaruhi oleh peran penting / kolaboratif guru dan siswa ,agar dapat meningkatkan prestasi belajar yang memuaskan,dalam pelaksanaan penelitian ini bertujuan yaitu untuk : ( 1) apakah dengan menggunakan medote al-ma’arif ini dapat meningkatkan kemampuan membaca al-qur’an (2) Apakah dengan menggunakan metode al-ma’arif ini dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa. MDA 03 Al-itqon Kebonharjo Kec.Patebon Kab.Kendal merupakan tempat Penelitian Tindakan Kelas, dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan rumus ketuntasan belajar yang berlaku pada saat ini, sehingga data yang di dapat cukup baik karena dapat di lihat dari tes evaluasi akhir. Dari hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa(1) Bahwa dengan menggunakan metode Al-ma’arif dapat meningkatkan kemampuan membaca al-qu’an siswa kelas VI di MDA 03 Al-itqon Kebonharjo Kec.Patebon Kab.Kendal tahun ajaran 2017/2018, di buktikan dengan hasil penelitian yaitu naiknya nilai rata-rata pada hasil evaluasi atau post test yang dilakukan dalah sebagai berikut : siklus I : 65,3 pada siklus II : 68 dan pada siklus III : 73,6. Cukup di bilang semakin membaik setelah menggunakan metode al-ma’arif yang mengikut sertakan siswa. (2) Bahwa dengan menggunakan metode al-ma’arif dapat meningkatkan ketuntasan belajar membaca al-qu’an siswa kelas VI di MDA O3 Al-itqon Kebonharjo Kec.Patebon Kab.Kendal tahun ajaran 2017/2018, dibuktikan dengan semakin naiknya presentase kenaikan ketuntasan belajar siswa ,yaitu pada siklus I : sebanyak 14 siswa (46,7%) siklus II : 18 siswa (60%) dan pada siklus III : 26 siswa (86,7%) sampai pada siklus III masih ada 4 siswa tidak tuntas dikarenakan siswa tersebut memang daya tangkap rendah sering tidak memperhatikan pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran Al-qur’an menggunakan metode Al-ma’arif pada siswa kelas VI sangatlah efektif digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 20 Aug 2018 01:52 |
Last Modified: | 20 Aug 2018 01:52 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1228 |
Actions (login required)
View Item |