ANISA, ANISA MURTI (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THE LEARNING CELL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI PERILAKU TERPUJI KELAS VII DI SMP NU 07 BRANGSONG KAB. KENDAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (454kB) | Preview |
|
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
||
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) |
||
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
||
|
Text
6. BAB V.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran The Learning Cell untuk meningkatkan hasil belajar PAI materi pokok perilaku terpuji di kelas VII SMP NU 07 Brangsong dan untuk membuktikan apakah ada peningkatan prestasi belajar PAI materi perilaku terpuji kelas VII setelah penerapan metode The Learning Cell di SMP NU 07 Brangsong. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan, yaitu kajian sistematika dari upaya perbaikan pelaksanaan praktek pendidikan oleh sekelompok guru dengan melakukan tindakan- tindakan dalam pembelajaran berdasarkan refleksi mereka mengenai hasil dari tindakan- tindakan tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Dari hasil observasi secara langsung di kelas VIIB SMP NU 07 Brangsong melalui tahap prasiklus siswa belum mengalami peningkatan hasil belajar PAI materi Perilaku Terpuji. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB yang mendapat pembelajaran PAI Tahun Ajaran 2016-2017 semester II yang bejumlah 25 siswa. Hasil Penelitian menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran The Learning Cell pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMP NU 07 Brangsong terlaksana dengan baik. Pada tahap Pra tindakan nilai rata rata kelas 71,48 dan setelah di lakukan tindakan siklus 1 nilai rata – rata kelas menjadi 76,24 , nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 65, ada 7 anak yang tidak tuntas belajar, Pada tindakan siklus II nilai rata - rata kelas yang berhasil dicapai adalah 80,6 ,nilai tertinggi adalah adalah 90 nilai terendah adalah 70 . Dengan demikian hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran setelah diterapkan metode The Learning Cell pada mata pelajaran PAI materi pokok perilaku terpuji di kelas VII di SMP NU 07 Brangsong terbukti terlaksana dengan baik sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada semua pihak : bagi peserta didik, bagi guru, dan bagi orang tua. Untuk dapat lebih meningkatkan hasil belajar siswa pada materi PAI.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 16 Aug 2018 07:35 |
Last Modified: | 16 Aug 2018 07:35 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1216 |
Actions (login required)
View Item |