Agustin, Muspita Dewi (2018) IMPLEMENTASI METODE CERITA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA SISWI SEKOLAH DASAR NEGERI MOJO KECAMATAN RINGINARUM KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
FILE 1 COVER.pdf Download (739kB) | Preview |
|
|
Text
FILE 2 BAB I.pdf Download (196kB) | Preview |
|
Text
FILE 3 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
||
Text
FILE 4 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
||
Text
FILE 5 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
||
|
Text
FILE 6 BAB V.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
FILE 7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
FILE 8 LAMPIRAN.pdf Download (339kB) | Preview |
Abstract
Metode cerita ialah sebagai suatu cara mengajar yang pada hakikatnya sama dengan metode ceramah karena informasi yang disampaikan melalui penuturan atau penjelasan lisan dari seseorang kepada orang lain. Adapun rumusan masalah yang diambil adalah (1) Bagaimanakah Implementasi metode cerita dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) pada anak sekolah di SDN Mojo? (2) Apakah Implementasi metode cerita dalam Pendidikan Agama Islam pada anak sekolah di SDN Mojo dapat meningkatkan hasil belajar siswa siswi SDN Mojo? Tujuan penelitian ini antara lain: mendiskripsikan dan menganalisa tentang implementasi metode cerita Pendidikan Agama Islam pada siswa siswi SDN Mojo, mendiskripsikan dan menganalisa tentang implementasi metode cerita guna meningkatkan pembelajaran dan hasil belajar pada pelajaran PAI siswa siswi SDN Mojo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai prosedur penelitian. Sedangkan jenis penelitian yang akan digunakan oleh peneliti adalah penelitian deskriptif, dengan metode analisis data deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penulisannya melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara, baik terhadap data primer maupun data sekunder, data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan yang diinginkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat penggunaan metode selain metode cerita di dapatkan hasil evaluasi bahwa masih ada beberapa siswa yang mendapatkan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sehingga masih dilakukan remedial agar siswa mendapat nilai sesuai KKM atau diatas KKM. Dan ketika penggunaan metode cerita di dapatkan hasil bahwa hasil evaluasi siswa diatas KKM dan tidak ada yang mengikuti remedial.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 16 Aug 2018 06:13 |
Last Modified: | 16 Aug 2018 06:13 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1213 |
Actions (login required)
View Item |