MUHAMMAD, FAIZAL RIDHO (2018) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN AKIBAT PERBEDAAN HARGA ANTARA DI RAK BARANG DENGAN DI KASIR DITINJAU DARI UU PERLINDUNGAN KONSUMEN NO. 8 TAHUN 1999 (Studi Pada PT. Inti Cakrawala Citra Semarang ). Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
FILE 1(COVER).pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
FILE 2 (BAB I).pdf Download (202kB) | Preview |
|
Text
FILE 3 (BAB II).pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) |
||
Text
FILE 4 (BAB III).pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
||
Text
FILE 5 (BAB IV).pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
||
|
Text
FILE 7 (DAFTAR PUSTAKA).pdf Download (116kB) | Preview |
Abstract
Konsumen berada pada posisi yang lemah, maka konsumen harus di lindungi oleh hukum yang sifat dan tujuannya adalah memberikan perlindungan dan kepastian hukum terhadap konsumen. Hal ini diperlukan karena tingkat kesadaran pelaku usaha dalam menciptakan iklim usaha yang sehat masih minim. Akibatnya konsumenlah yang selalu dirugikan. Rumusan masalah yang dikaji diantaranya peran serta tanggung jawab PT Inti Cakrawala Citra Semarang dalam melakukan pencegahan dan pengawasan terhadap penyesuaian maupun penetapan harga serta bentuk penyelesaian sengketa akibat perbedaan harga menurut PT Inti cakrawala Citra dan lembaga perlindungan konsumen swadaya masyarakat. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yuridis empiris. penelitian yuridis empiris adalah penelitian permasalahan mengenai hal-hal yang bersifat yuridis dan didasarkan atas fakta-fakta yang diperoleh dari hasil penelitian dengan mengacu kepada pola-pola perilaku masyarakat yang nyata dilapangan. Data yang digunakan yaitu data sekunder dan data primer. Data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan, sedangkan data primer diperoleh dari sumber data yaitu melalui wawancara. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Akibat Perbedaan Harga Antara Di Rak Dengan Di Kasir Ditinjau Dari UU Perlindungan Konsumen No.8 Tahun 1999 (Studi: PT. Inti Cakrawala Citra Semarang). Berhubungan dengan perannya PT. Inti Cakrawala Citra sebagai pelaku usaha telah berusaha aktif dalam membuat, menyesuaikan, dan mengawasi pelaksaan kegiatan usaha yang dilakukannya. Salah satunya adalah bahwa setiap hari ada pengawasan (monitoring) terhadap perubahan harga yang di cetak di pagi hari. Jika ada perubahan harga maka, label harga akan di cetak ulang dan diserahkan kepada setiap pramuniaga masing-masing untuk digantinya. Berkaitan dengan tanggung jawabnya, PT. Inti Cakrawala Citra memberikan tanggung jawab kepada setiap pramuniaga untuk bertanggungjawab di setiap lorong dan mereka diwajibkan mengubah harga apabila ada perubahan harga agar tidak terjadi perbedaan harga antara di rak dengan di kasir. Tetapi apabila terjadi sengketa, maka PT. Inti Cakrawala Citra akan melakukan ganti rugi yang sesuai dengan kesepakatan dengan konsumen yang menjadi korban dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sedangkan bentuk penyelesaiannya menurut PT. Inti cakrawala Citra dan LPKSM lebih mengutamakan secara non litigasi dengan cara negosiasi, mendiskusikan untuk mencapai pemecahan masalahnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Program Studi Hukum |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 11 Aug 2018 07:06 |
Last Modified: | 11 Aug 2018 07:06 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1080 |
Actions (login required)
View Item |