Wahid Hasyim University | Digital Repository

ANALISIS PEMASARAN JAGUNG (Zea mays L.) DI KELOMPOK TANI NGUDI REJO DESA PENADARAN KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN

LAILATUL FITRIANI, LAILATUL (2017) ANALISIS PEMASARAN JAGUNG (Zea mays L.) DI KELOMPOK TANI NGUDI REJO DESA PENADARAN KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efisiensi pemasaran jagung secara ekonomis masing-masing saluran pemasaran berdasarkan pola saluran pemasaran yang terbentuk, nilai margin pemasaran, nilai persentase margin pemasaran dan bagian yang diterima petani (farmer’s share) pada pemasaran jagung di Kelompok Tani Ngudi Rejo Desa Penadaran Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan pelaksanaan dengan metode studi kasus. Metode pengambilan sampel lokasi dilakukan dengan metode purposive sampling. Metode penentuan sampel responden dilakukan dengan metode random sampling, sedangkan penentuan sampel lembaga menggunakan metode snowball. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan pencatatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat Terdapat dua pola saluran pemasaran jagung yang digunakan petani. Pola saluran pertama melibatkan PJ PP PB KA. Pada pola saluran pertama terbagi menjadi tiga kelompok yaitu : a. PJ 14 PP I PB I KA, b. PJ 10 PP II PB KA, c. PJ 4 PP III PBII KA. Sedangkan pola saluran kedua melibatkan PJ PB KA. Nilai margin pemasaran total dan farmer’s share yang terbentuk dari setiap lembaga pemasaran berbeda. Pada saluran 1a, margin pemasaran yang terbentuk Rp 800 per kg dan nilai farmer’s share-nya yaitu 80,95%. Pada saluran 1b, margin total yang terbentuk sebesar Rp 900 per kg dan nilai farmer’s share-nya yaitu 78,57%. Pada saluran 1c, margin total dan farmer’s share yang terbentuk sama dengan saluran 1b. selanjutnya pada saluran 2, margin pemasaran total yang terbentuk sebesar Rp 500 per kg dan nilai farmer’s sharenya yaitu 88,09%. Dari semua saluran pemasaran yang ada, maka saluran 2 adalah saluran pemasaran yang paling efisien secara ekonomis karena nilai persentase margin pemasarannya paling rendah yaitu 11,90% serta memiliki nilai farmer’s share-nya paling tinggi yaitu sebesar 88,09% dibandingkan dengan saluran pemasaran yang lain. Kata kunci : Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Farmer’s Share dan Efisiens

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 05 Jan 2018 03:13
Last Modified: 05 Jan 2018 03:13
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/956

Actions (login required)

View Item View Item