Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN LARI SPRINT 40 METER DENGAN METODE BERMAIN HITAM HIJAU PADA ANAK KELAS V SDN KARANGROTO 01 GENUK SEMARANG

Muhamad Budi, Muhamad Budi (2017) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN LARI SPRINT 40 METER DENGAN METODE BERMAIN HITAM HIJAU PADA ANAK KELAS V SDN KARANGROTO 01 GENUK SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (885kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada pokoknya tolok ukur dari setiap proses pembelajaran adalah belajar. Standar pencapaian hasil belajar dalam penelitian pembelajaran keterampilan lari sprint ditentukan pada pencapaian ketuntasan belajar. Masalah pokok yang melatarbelakangi dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar lari sprint pada siswa. Hal ini menimbulkan masalah bagi guru karena tidak sesuai dengan hasil belajar yang diharapkan. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lari sprint melalui metode bermain Hitam Hijau. Penelitian dilakukan kepada siswa kelas V SD N Karangroto 01 Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian sejumlah 26 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 15 siswi perempuan. Metode penelitian yang digunakan berupa penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui instrumen non tes yaitu berupa pengamatan dengan menggunakan lembar observasi yang berbentu check list. Data penelitian tiap siklus merupakan fakta empirik yang dikumpulkan dari tiap kegiatan observasi. Data kemudian dianalisis secara deskriptif-reflektif. Adapun untuk analisis data antar siklus menggunakan deskriptif komparatif, yaitu dengan cara membandingkan data hasil belajar pada kondisi awal (pra tindakan), data hasil belajar setelah tindakan siklus I, dan data hasil belajar setelah tindakan siklus II, kemudian dilakukan refleksi, membuat ulasan berdasar simpulan, dan menentukan tindak lanjut. Berdasarkan hasil tindakan yang telah dianalisis secara deskriptif-reflektif komparatif, disimpulkan bahwa “penerapan metode bermain hitam hijau dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint 40 meter terhadap siswa kelas V SD N Karangroto 01 Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017 sebesar 92,31% untuk ketuntasan belajar”. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa melalui penerapan metode bermain memindahkan bola dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan lari sprint terhadap siswa dengan tingkat ketuntasan belajar siswa dari 19,23% menjadi 92,31% sehingga terjadi peningkatan sebesar 73,08%. Dengan demikian disarankan kepada guru kelas V agar menggunakan program pembelajaran melalui metode bermain hitam hijau dalam pembelajaran lari sprint.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 20 Jun 2017 03:24
Last Modified: 20 Jun 2017 03:24
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/828

Actions (login required)

View Item View Item