Wahid Hasyim University | Digital Repository

ANALISIS PEMASARAN IKAN BANDENG DI KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN MINA LESTARI KECAMATAN PATEBON KABUPATEN KENDAL

M. MABRUR SYAHRI SHIDIQ, M. MABRUR SYAHRI SHIDIQ (2017) ANALISIS PEMASARAN IKAN BANDENG DI KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN MINA LESTARI KECAMATAN PATEBON KABUPATEN KENDAL. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (133kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ikan bandeng adalah komoditas yang mudah rusak, sehingga dalam pemasarannya harus mendapatkan perhatian yang serius. Panjang pendeknya saluran pemasaran akan berpengaruh pada kualitas, biaya, margin, keuntungan dan efisiensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran pemasaran ikan bandeng, mengetahui margin pemasaran dan farmer’s share ikan bandeng dan mengetahui efisiensi saluran pemasaran ikan bandeng di Kelompok Pembudidaya Ikan Mina Lestari Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dan untuk menentukan lokasi penelitian dilakukan secara purposive. Kemudian untuk menentukan responden produsen digunakan metode sensus, sementara metode untuk menentukan responden pedagang sampai konsumen menggunakan metode snowball sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: terdapat tiga saluran pemasaran ikan bandeng, yaitu : untuk saluran 1: dari produsen sampai ke konsumen melewati pengumpul dan pasar institusional, saluran 2: dari produsen sampai ke konsumen melewati pengumpul dan pedagang pengecer, saluran 3: dari produsen sampai ke konsumen melewati pengumpul, pedagang besar dan pengecer. Margin pemasaran dan farmer’s share pada tiap saluran yaitu saluran 1 sebesar Rp. 14.000 dan 53,33%, saluran 2 sebesar Rp. 2.000 dan 88,89%, saluran 3 sebesar Rp. 3.000 dan 84,21%. Nilai efisiensi pemasaran ikan bandeng pada pedagang pengumpul (0,013), pasar institusional (0,376), pedagang besar (0,018) dan pedagang pengecer (0,045). Kata kunci: Analisis pemasaran, margin, efisiensi, ikan bandeng.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 16 Jun 2017 03:45
Last Modified: 16 Jun 2017 03:45
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/818

Actions (login required)

View Item View Item