AHMAD IDRIS, AHMAD IDRIS (2017) ANALISIS PROGRAM PEMBINAAN IMTAQ (IMAN DAN TAQWA) UNTUK MEMBANGUN PRILAKU KEAGAMAAN SISWA (Studi Kasus di MA NU 07 Salafiyah Kangkung Kendal). Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (421kB) | Preview |
Abstract
Ahmad Idris, 2017. Analisis Program Pembinaan Imtaq Untuk Membangun Prilaku Keagamaan Siswa Studi Kasus di MA NU 07 Salafiyah Kangkung Kendal. Skripsi :Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang. Pembimbing IfadaRetno E, S.Ag., M.Agdan Muh.Naimuddin, M.Pd. Kata Kunci: Analisis Prrogram pembinaan Imtaq Untuk Membangun Prilaku Keagamaan Siswa. Membangun perilaku keagamaan siswa pada hakikatnya tidak sekedar mengarah pada aspek psikomotor dan kognitif saja tetapi juga aspek afeksi. Berhubungan dengan membangun perilaku keagamaan, program pembinaan Imtaq merupakan salah satu kegiatan yang sangat menunjang. Maka dalam penulisan skripsi ini peneliti mempunyai tujuan dilakukannya penelitian ini, diantaranya adalah untuk mengetahui pelaksanaan program pembinaan Imtaq, faktor pendukung dan penghambat serta hasil dari program pembinaan Imtaq untuk Membangun perilaku keagamaan siswa di MA NU 07 Salafiyah Kangkung Kendal. Penilitan yang peneliti lakukan adalah termasuk dalam penelitian kualitatif. Dengan metode pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Sedangkan untuk analisisnya penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis, pengamatan ketempat lokasi secara langsung sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya, disini peneliti sertakan dokumentasi yang lengkap dan penguat data penelitian. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti dapat disampaikan bahwasannya pelaksanaan analisis program pembinaan Imtaq untuk membangun perilaku keagamaan siswa di MA NU 07 Salafiyah Kangkung Kendal, memakai tiga metode, yaitu pembiasaan, pengertian, dan model. Indikator siswa berperilaku keagamaan baik apabila memiliki rasa keagamaan, pengetahuan keagamaan, serta perilaku akhlak. Ada beberapa kendala dalam pelaksanaan antara lain faktor keluarga yang kurang perhatian, dan siswa yang belum serius dalam melaksanakan program pembinaan Imtaq. Sehingga ini menjadi bahan evaluasi untuk Madrasah kedepan supaya menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 18 May 2017 02:02 |
Last Modified: | 22 Mar 2018 04:55 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/704 |
Actions (login required)
View Item |