Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT UNDANGAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BAGI SISWA KELAS V SEMESTER 1 MI MABDAUL HUDA KEDUNG KARANG KEC. WEDUNG KAB. DEMAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Nurul, Kafa (2019) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT UNDANGAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BAGI SISWA KELAS V SEMESTER 1 MI MABDAUL HUDA KEDUNG KARANG KEC. WEDUNG KAB. DEMAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (465kB) | Preview

Abstract

Tujuan mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk satuan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI) adalah agar peserta didik memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis. Oleh sebab itulah salah satu standar kompetensi untuk siswa kelas V semester satu, khususnya aspek menulis adalah mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog tertulis. Penelitian ini membahas tentang, bagaimana peningkatan keterampilan menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kelas V semeseter 1 di MI Mabdaul Huda Kedung Karang Wedung Demak. Menulis surat undangan, baik itu undangan ulang tahun, acara agama, maupun kegiatan sekolah bukanlah hal yang mudah bagi siswa yang duduk di bangku kelas V MI Mabdaul Huda Kedung Karang Kecamatan Wedung Kabupaten Demak karena siswa belum mampu mengungkapkan gagasan pikiran, dan pengalamannya dalam bentuk tulisan. Hal ini disebabkan oleh penguasaan kosa kata atau perbendaraan kata masih sangat rendah, pemahaman struktur kalimat yang masih kurang, dan penguasaan ejaan maupun tanda baca yang minim. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode diskriptif kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaplikasian metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sangat efektif guna meningkatkan keterampilan menulis surat undangan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di MI Mabdaul Huda Kedung ini ditunjukkan dari hasil akhir penelitian pada siklus ke-2 Kata Kunci: Keterampilan menulis, Undangan, Model Pembelajaran, Tipe Jigsaw

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 02 Jan 2020 06:56
Last Modified: 02 Jan 2020 06:56
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2200

Actions (login required)

View Item View Item