Wahid Hasyim University | Digital Repository

IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH PADA TAHAP PEMBIASAAN MEMBACA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI SAMPANGAN 02 TAHUN AJARAN 2018/2019

FIDAFATUL, HIDAYATI (2019) IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH PADA TAHAP PEMBIASAAN MEMBACA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI SAMPANGAN 02 TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (939kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Rendahnya minat baca penduduk Indonesia mengakibatkan pemerintah membentuk sebuah program. Program tersebut adalah gerakan literasi sekolah yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan budaya literasi membaca dan menulis, meningkatkan kompetensi literasi, dan menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan dan ramah anak. Fokus dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana implementasi program gerakan literasi pada tahap pembiasaan membaca kelas IV di SDN Sampangan 02?, (2) Apa saja dampak yang terjadi dalam pelaksanaan, (3) Bagaimana peran guru dalam pelaksanaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) implementasi program gerakan literasi pada tahap pembiasaan membaca kelas IV di SDN Sampangan 02, (2) Apa saja dampak yang terjadi dalam pelaksanaan program gerakan literasi pada tahap pembiasaan membaca kelas IV di SDN Sampangan 02, (3) Bagaimana peran guru dalam pelaksanaan program gerakan literasi pada tahap pembiasaan membaca kelas IV di SDN Sampangan 02. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi teknik, dan triangulasi sumber. Simpulan penelitian menunjukkan: (1) Implementasi Program Gerakan Literasi pada Tahap Pembiasaan Membaca Kelas IV di SDN Sampangan 02 melalui enam tahap. Pertama memberikan waktu 10-15 menit untuk membaca. Pelaksanaan di dalam atau pun diluar kelas. Meresum apa yang telah dibaca dari buku bacaan tersebut. Menceritakan kembali apa yang telah dibaca di dedapan kelas secara suka rela. Memberikan apresiasi bagi peserta didik yang bercerita di depan kelas. Dan Mencatat buku yang telah dibaca dan dipinjam oleh peserta didik di kartu baca., (2) ada dua dampak yang terjadi, Dampak positif adanya pembiasaan membaca yang dilaksanakan setiap hari membuat peserta didik menjadi semakin lebih gemar membaca dengan referensi bacaan yang lebih banyak. Dampak negatifnya adalah sulitnya mencari buku yang sesui dengan minat baca karena kurangnya jumlah buku., (3) Peran guru kelas IV memiliki peranan yang sangat penting, salah satunya adalah guru sebagai pendamping dan fasilitator Kata Kunci : Implementasi, Program, Gerakan Literasi Sekolah, Pembiasaan Membaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 02 Jan 2020 06:38
Last Modified: 02 Jan 2020 06:38
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2195

Actions (login required)

View Item View Item