Umar, Hasan (2019) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH PADA MATERI ṢALAT ĪDAIN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEMI BAGI SISWA KELAS IV MI ISLAMIYAH SAWANGAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (707kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (733kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah: Rendahnya prestasi belajar siswa kelas IV MI Islamiyah Sawangan terhadap mata pelajaran Fiqih. Dari observasi ini ketika dilakukan post test nilai rata-rata siswa hanya 73,4 sedangkan KKM yang ditentukan oleh sekolah yaitu 75. Melihat keadaan tersebut peneliti mempunyai inisiatif untuk menggunakan Model PAIKEMI (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Menyenangkan dan Islami) didalam pelajaran fiqih. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah proses belajar mengajar model pembelajaran PAIKEMI pada pembelajaran fiqih materi ṣalat Īdain. (2) Apakah model pembelajaran PAIKEMI dapat meningkatkan aktivitas belajarsiswa.(3) Bagaimana keberhasilan model pembelajaran PAIKEMI terhadap prestasi belajar fiqih materi ṣalat Īdain. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui penerapan model pembelajaran PAIKEMI pada pembelajaran fiqh materi ṣalat Īdain. (2) Mengetahui peningkatan aktivitas belajar mata pelajaran Fiqh materi ṣalat Īdain setelah diterapkannya model pembelajaran PAIKEMI. (3) Mengetahui keberhasilan prestasi belajar siswa mata pelajaran Fiqih materi ṣalat Īdain setelah diterapkannya model pembelajaran PAIKEMI. Jenis penelitian yang digunakan adalah: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitiannya siswa kelas MI Islamiyah Sawangan yang berjumlah 25 siswa. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan tes.dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masingmasing sikluis terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Penerapan model pembelajaran PAIKEM dengan cara merubah suasana pembelajaran, menggunakan belajar kelompok untuk memecahkan masalah pemecahan suatu masalah diantaranya dengan metode Information Search, Card Sort, Demontrasi dan Role Play. (2) Peningkatan keaktifan belajar siswa pada pra siklus secara klasikal mendapat skor 53 atau kualitas ke aktifan siswa adalah: C ( Cukup ). Pada siklus I berdasarkan opservasi keaktifan siswa mendapatkan skor 60 apabila diyatakan secara kualias adalah B (Baik). Pada siklus II terlihat sudah mendapatkan hasil sesuai yang di harapakan yaitu tingkat keaktifan siswa mendapatkan skor 95 apabila diyatakan secara kualias adalah: A (Baik Sekali). (3) Keberhasilan penelitian ini dapat dilihat yang pada awalya rata-rata skor sebesar 73,4 dengan persentase ketuntasan 56% menjadi 96,% dengan nilai rata-rata 84 pada ahir penelitian Kata Kunci: Prestasi Belajar, Materi ṣalat Īdain, Model PAIKEMI
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 04:21 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 04:21 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2183 |
Actions (login required)
View Item |