SITI, RUMLATI (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL QUR’AN HADITS MATERI POKOK LAM DAN RA’ DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LINGKARAN TAJWID PADA SISWA KELAS VIII MTs. SUNAN KALIJAGA BAWANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (638kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (861kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pentingnya penguasaan materi tajwid dalam pembelajaran Al Qur‟an Hadits, karena Al Qur‟an dan Hadits merupakan pedoman bagi manusia untuk beribadah kepada Allah. Namun realitasnya penguasaan siswa terhadap materi tajwid dalam pembelajaran Al Qur‟an Hadits masih rendah, sehingga hasil belajar siswa rendah. Hal ini bisa jadi dikarenakan pembelajaran yang kurang variatif, pembelajaran yang sering digunakan guru pada umumnya hanya menggunakan metode ceramah. Fokus dalam penelitian ini adalah peningkatan Lam dan Ro‟ dengan menggunakan media lingkaran tajwid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan media lingkaran tajwid dapat meningkatkan hasil belajar materi tajwid dalam pembelajaran Al Qur‟an Hadits di MTs. Sunan Kalijaga Bawang. Penelitian ini menggunakan studi tindakan kelas (classroom action research) pada siswa kelas VIII MTs. Sunan Kalijaga Bawang, yang pada tahun sebelumnya penguasaan peserta didik pada mata pelajaran Al Qur‟an Hadits materi tajwid kurang maksimal. Penelitian ini menggunakan instrumen observasi, dokumentasi dan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda dan essay. Subjek yang diteliti adalah kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkannya media pembelajaran lingkaran tajwid dalam pembelajaran Al Qur‟an Hadits, menunjukkan adanya perubahan, dapat dilihat berdasarkan jumlah nilai yang diperoleh. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 tahap yaitu siklus I, dan siklus II. Pada tahap siklus I adalah 64,29 %, dan tahap siklus II adalah 67,23 %. Dari 2 tahap tersebut dapat dilihat adanya peningkatan hasil belajar. Penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Al Qur‟an Hadits materi tajwid dengan media pembelajaran lingkaran tajwid, dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs. Sunan Kalijaga Bawang Tahun Peljaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 03:25 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 03:25 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2175 |
Actions (login required)
View Item |