Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGARUH KREATIVITAS MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP MINAT MEMBACA AL-QUR’AN SISWA SMA NEGERI 12 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Rizka, Widyati Nugrahaningsih (2019) PENGARUH KREATIVITAS MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP MINAT MEMBACA AL-QUR’AN SISWA SMA NEGERI 12 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relative berbeda dengan apa yang telah ada. Kreativitas mengajar guru di sekolah sangat penting terhadap minat siiswa dalam membaca al-Qur‟an. Kreativitas tersebut dapat dilihat dari persiapan, penyampaian materi dan penilaian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Seberapa baik kreativitas Mengajar Guru PAI di SMA Negeri 12 Semarang? (2) Seberapa baik minat membaca-Al Qur‟an di SMA Negeri 12 Semarang? (3) Adakah pengaruh antara kreativitas mengajar Guru PAI dengan minat membaca Al-Qur‟an di SMA Negeri 12 Semarang? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan uji analisis menggunakan uji korelasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) kuisioner, (2) observasi, (3) interview, (4) dokumetasi. Analisis yang digunakan meliputi (1) analisis pendahuluan, (2) analisis hipotesa, (3) Analisis Lanjut Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dapat diperoleh hasil mean atau rata-rata 49,0796. Jika mean 49,0796 tersebut di lihat pada tabel interval hasil mean kreativitas mengajar guru PAI dapat dikategorikan Sangat Baik dengan interval antara 46-51. Sedangkan nilai rata-rata hasil Minat Membaca al-Qur‟an tidak terpaut jauh dengan nilai rata-rata Kreativitas Mengajar Guru PAI yaitu 48,9304. Jika pada tabel interval, Minat Membaca al-Qur‟an masuk ke dalam kategori Baik pada interval 48-53. Jadi dapat disimpulkan bahwa minat membaca al-Quran dikategorikan baik. Untuk uji hipotesa pada Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan Minat Membaca al-Quran di SMA Negeri 12 Semarang ini memiliki pengaruh antara yang menunjukan adanya signifikansi, baik pada taraf 5% maupun 1%. Pada taraf 5% yaitu diperoleh nilai 0,927 dengan r tabel pada signifikansi 5% yaitu 0,195 dan 1% yaitu 0,256. Sedangkan Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan Ujian Lisan Membaca al-Quran menunjukan adanya signifikansi, baik pada taraf 5% maupun 1%. Pada taraf 5% yaitu diperoleh nilai 0,473 dengan r tabel pada signifikansi 5% yaitu 0,195 dan 1% yaitu 0,256. Kata Kunci: Kreativitas Mengajar Guru, Minat Membaca Al-Quran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 30 Dec 2019 02:52
Last Modified: 30 Dec 2019 02:52
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2169

Actions (login required)

View Item View Item