Wahid Hasyim University | Digital Repository

STRATEGI PENGELOLAAN KELAS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA ( Studi Kasus Bidang Studi Agama Islam Di SDN Srondol Kulon 02 Banyumanik Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018 )

PUJI, ROHMAN (2019) STRATEGI PENGELOLAAN KELAS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA ( Studi Kasus Bidang Studi Agama Islam Di SDN Srondol Kulon 02 Banyumanik Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018 ). Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (825kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Adapun strategi mengelola kelas yang dilakukan guru dan sekolah dengan menciptakan dan mempertahankan kondisi kelas agar tetap kondusif : a. Manajemen administrasi kelas yang dibuat oleh kurikulum dan dilaksanakan dengan baik oleh guru, OSIS, dan perangkat kelas. b. Manajemen operatif kelas telah dilaksanakan dengan baik meskipun masih ada kendala dari sarana dan kurang maksimalnya dukungan guru-guru lain dalam pelaksanaan program keagamaan di sekolah. Aktivitas belajar siswa khususnya bidang studi PAI di SDN Srondol Kulon 02 Banyumanik Semarang yaitu Aktivitas Membaca adalah aktivitas yang paling banyak dilakukan selama belajar di SDN Srondol Kulon 02 Banyumanik Semarang mencapai 564 siswa dan 10 siswa belum aktif serta 7 siswa belum bisa membaca. Membaca disini tidak mesti membaca buku belaka, tetapi juga membaca koran, jurnal-jurnal hasil penelitian, catatan hasil belajar dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan kebutuhan studi. Di kelas, seorang gu ru sering memaparkan sebuah gambar yang menjadi suatu media pembelajaran di SDN Srondol Kulon 02 Banyumanik Semarang dalam pembelajaran materi PAI, dalam hal ini sebanyak 360 siswa yang senang memperhatikan gambar dan hanya 21 siswa yang masih sibuk dengan urusan sendiri. Aktivitas memandang demonstrasi, meski pandangan tertuju pada suatu objek, tetapi tidak adanya tujuan yang ingin dicapai, maka pandangan yang demikian tidak termasuk belajar. Aktivitas ini banyak diikuti siswa SDN Srondol Kulon 02 Banyumanik Semarang sebanyak 570 siswa dan 11 masih belum memperhatikan. Studi kasus yang terjadi pada bidang studi Agama Islam di SDN Srondol Kulon 02 Banyumanik Semarang yaitu aktivitas pembelajaran yang terjadi sangat pasip namun setelah strategi pengelolaan kelas diterapkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Kata Kunci : Strategi Pengelolaan Kelas, Aktivitas Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 30 Dec 2019 02:48
Last Modified: 30 Dec 2019 02:48
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2168

Actions (login required)

View Item View Item