Nuril, Mausufi (2019) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL PADA ANAK ASUH DI SOS CHILDREN’S VILLAGE SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (622kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Islam multikultural adalah pendidikan yang berusaha untuk menjadikan manusia itu sadar bahwa keragaman merupakan suatu keniscayaan, sehingga seorang manusia harus mampu menerima perbedaan dengan cara saling memahami, saling menghormati dan saling menghargai satu sama lain ditengah kehidupan yang serba multikultural sesuai dengan ajaran agama Islam. Seperti yang kita ketahui banyak sekali negara-negara diluar sana yang saling berperang satu sama lain akibat dari kurangnya pemahaman mereka tentang nilai-nilai pendidikan Islam multikultural. Untuk itulah penting bagi kita untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam multikultural itu kepada setiap orang terutama adalah kepada anak-anak, mengingat fase anak merupakan fase dimana seorang anak itu tumbuh kembang, sehingga sangat efektif sekali menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam multikultural kepada mereka. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Nilai-nilai pendidikan Islam multikultural apa sajakah yang diimplementasikan pada anak asuh di SOS Children‟s Village Semarang? (2) Bagaimana penerapan nilai-nilai pendidikan Islam multikultural pada anak asuh di SOS Children‟s Village Semarang? (3) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat implementasi nilai-nilai pendidikan Islam multikultural pada anak asuh di SOS Children‟s Village Semarang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui bentuk nilai-nilai pendidikan Islam multikultural yang ditanamkan pada anak asuh di SOS Children‟s Village Semarang (2) untuk mengetahui penerapan nilai-nilai pendidikan Islam multikultural pada anak asuh di SOS Children‟s Village Semarang (3) Untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat implementasi nilai-nilai pendidikan Islam multikultural pada anak asuh di SOS Children‟s Village Semarang . Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan , (1) Metode observasi, (2) Metode interview, (3) Metode dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif meliputi (1) Reduksi data, (2) Display data, (3) kesimpulan dan verifikasi, (4) triangulasi data. Simpulan penelitian ini menunjukkan: (1) nilai-nilai pendidikan Islam multikultural yang ditanamkan pada anak asuh yaitu kerukunan, toleransi, persaudaraan, menyayangi, menghormati, menghargai, sopan santun, peduli, kerja sama dll. (2) penerapannya yaitu memberi contoh kehidupan sehari-hari yang baik, menasehati dan lewat media kesenian. (3) faktor yang mendukung antara lain: pengasuhan 24 jam, lingkungan yang multikultur, pertemuan rutin warga SOS, konsep akak-adik faktor penghambar antara lain: mengedepankan ego masing-masing Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Islam Multikultural, Anak Asuh, SOS Children‟s Village
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 28 Dec 2019 02:06 |
Last Modified: | 28 Dec 2019 02:06 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2162 |
Actions (login required)
View Item |