Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGARUH PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP SIKAP HORMAT SISWA KEPADA ORANG YANG LEBIH TUA DI MA NU 03 SUNAN KATONG TAHUN 2018/2019

Nila, Ulya (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP SIKAP HORMAT SISWA KEPADA ORANG YANG LEBIH TUA DI MA NU 03 SUNAN KATONG TAHUN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran aqidah akhlak adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan siswa untuk mengenal, memahami, menghayati, dan mengimani Allah dan merealisasikannya dalam perilaku akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, penggunaan pengalaman dan pembiasaan. Dengan adanya pembelajaran aqidah akhlak dapat menjadikan siswa berakhlakul karimah dan memiliki sikap hormat yang tinggi kepada orang yang lebih tua. Penelitian ini memiliki dua variabel yang terdiri dari variabel X (Pembelajaran Aqidah Akhlak) dan variabel Y (Sikap Hormat Siswa). Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini yaitu penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan Kuantitatif. Dalam pengambilan sampel, peneliti menggunakan teknik rondum sampling, karena penelitian ini memiliki jumlah populasi yaitu 507 orang (lebih dari 100) maka sampel yang diambil antara 10-15% atau 20-25% atau lebih. Oleh karena itu penelit mengambil sampel 15% dari populasi yang ada, jadi sampel berumlah 76 siswa. Dan metode analisis korelasi yang digunakan yaitu poduct moment dan persamaan regresi sederhana. Dalam analisis pengaruh yang dilakukan peneliti melalui product moment memiliki hasil rhitung = 0,505. Jika dibandingkan dengan tabel r pada taraf signifinan 5% yang memiliki nilai rtabel = 0,227 dan pada taraf signifikan 1% memiliki nilai rtabel = 0,296, maka diperoleh perbandingan rhitung > rtabel . Yang artinya bahwa variabel X memiliki pengaruh positif terhadp variabel Y. Dan jika dilihat dari perhitungan persamaan regresi linear sederhana dengan perolehan persamaan regresi yaitu Y = 38,458 + 0,524 X, berarti bahwa variabel Y memiliki nilai konstan 38,458 dan jika variabel X memiliki peningkatan nilai 1% maka nilai variabel Y juga akan menigkat sebesar 0,524. Karena dalam peningkatannya bernilai positif, hal ini menjelaskan bahwa Pembelajaran Aqidah Akhlak (X) memiliki pengaruh positif terhadap Sikap Hormat Siswa (Y). Maka dari kedua hasil perhitungan analisis korelasi diatas diperoleh kesimpulan bahwa Hi diterima. Kata Kunci: Pembelajaran, Aqidah Akhlak, Sikap Hormat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 27 Dec 2019 06:44
Last Modified: 27 Dec 2019 06:44
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2160

Actions (login required)

View Item View Item