Wahid Hasyim University | Digital Repository

STUDI PERBANDINGAN PEMIKIRAN M. QURAISH SHIHAB DAN ZAKIAH DARADJAT TENTANG PENDIDIKAN AGAMA ANAK DALAM KELUARGA DAN KONTRIBUSINYA BAGI PENDIDIKAN ISLAM

Mukhamad, Wafa (2019) STUDI PERBANDINGAN PEMIKIRAN M. QURAISH SHIHAB DAN ZAKIAH DARADJAT TENTANG PENDIDIKAN AGAMA ANAK DALAM KELUARGA DAN KONTRIBUSINYA BAGI PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk mendeskripsikan dan menganalisis persamaan dan perbedaan pemikiran Zakiah Daradjat dan M. Quraish Shihab tentang pendidikan agama anak dalam keluarga. Kedua, untuk mendeskripsikan dan menganalisis sumbangsih pemikiran Zakiah Daradjat dan M. Quraish Shihab tentang pendidikan agama anak dalam keluarga bagi pendidikan Islam. Metodologi penelitian ini menggunakan jenis studi tokoh dan bersifat kualitatif. Data primernya, yaitu karya M. Quraish Shihab: 1) Secercah Cahaya Ilahi; 2) Membumikan Al-Qur'an; Zakiah Daradjat, 1) Peranan Agama dalam Kesehatan Mental; 2) Kesehatan Mental. Data sekunder, yaitu sejumlah referensi yang relevan dengan tema skripsi ini. Teknik pengumpulan data berupa teknik dokumentasi atau studi dokumenter dengan pendekatan psikologi dan pendidikan Penelitian ini menggunakan metode induktif dan metode komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan dan perbedaan pemikiran Daradjat dan Shihab tentang pendidikan anak dalam Islam sebagai berikut: persamaannya, orang tua sebagai benteng utama yang memiliki pengaruh besar dalam mewarnai sepak terjang anak. Perbedaannya, Shihab cenderung menggunakan pendekatan Tafsir, hal ini dapat dimengerti karena ia memiliki latar belakang pakar Tafsir. Sedangkan Zakiah Daradjat mengarah pada pendekatan psikologi Islam dan kesehatan mental. Kontribusi pemikiran kedua tokoh ini terhadap pendidikan anak dalam pendidikan Islam. Shihab memiliki perhatian dan komitmen yang tinggi terhadap masalah pendidikan anak dalam Islam. Gagasan dan pemikirannya dalam bidang pendidikan anak tersebut selain berkaitan dengan aspek kelembagaan pendidikan, khususnya pesantren, juga berkaitan dengan rumusan tentang tujuan pendidikan anak, strategi pembelajaran, tanggung jawab guru dan orang tua dalam pendidikan dan pengajaran, sarana dan prasarana, serta peningkatan ketakwaan dan pengalaman ajaran agama. Demikian pula, Zakiah Daradjat memiliki peran dan fungsi dalam memajukan pendidikan anak dalam Islam Kata Kunci: Pendidikan Agama Anak, Keluarga, Pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 27 Dec 2019 04:36
Last Modified: 27 Dec 2019 04:36
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2150

Actions (login required)

View Item View Item