Wahid Hasyim University | Digital Repository

KONSEP PENDIDIKAN SPIRITUAL BAGI ANAK MENURUT IMAM AL-GHAZALI DALAM KITAB AYYUHAL WALAD

MUHTAROM, MUHTAROM (2019) KONSEP PENDIDIKAN SPIRITUAL BAGI ANAK MENURUT IMAM AL-GHAZALI DALAM KITAB AYYUHAL WALAD. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Konsep Al-Ghazali tentang pendidikan spiritual anak, 2) Metode dan tujuan pendidikan spiritual bagi anak, 3) Urgensi pendidikan spiritual bagi anak menurut Al-Ghazali dalam kitab ayyuhal walad. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data dengan melalui metode sumber primer dan sumber sekunder, kepustakaan dan metode analisis data, yaitu setelah data terkumpul, kemudian dianalisis dengan menggunakan content analysis yaitu dengan mengungkapkan isi dari pemikiran yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa(1)didalam pandangan Imam AlGhazali, Pendidikan yang sejati yaitu pendidikan spiritual. Dengan adanya pendidikan ini manusia akan dapat terkendali oleh spiritualnya yang bersumber dari hati sehingga dapat mengarah pada fitrah Ilahiyyahnya (Potensi beragama), sehingga akan mencapai derajat insan kamil dan dapat mencapai tujuan hidupnya yaitu mendapatkan kebahagiaan di dunia maupun di akhirat(2). Didalam dunia proses pendidikan dapat dikenal bahwa metode jauh lebih penting dari materi. Demikian urgennya metode pada proses pendidikan, karena bisa dikatakan tidak berhasil apabila dalam proses tersebut tidak menggunakan metode. Secara tegas Al- Ghazali menjelaskan bahwa pendidikan yang baik ialah suatu proses memanusiakan manusia dari sejak kejadiannya sampai akhir hayatnya atau bimbingan yang merupakan jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat melalui metode.(3) Berbicara pemikiran seorang tokoh senantiasa harus dihubungakan dengan keadaan yang mengitarinya, sebab al-Ghazali adalah bagian dari tokoh spiritual pemikiran Islam secara keseluruhan. Oleh karena itu, situasi dan kondisi yang berkembang ikut menentukan perbedaan arah pemikirannya. dan mencakup beberapa sikap mendasar yaitu sikap jujur, ikhlas, amanah, disiplin, tawakal, qona‟ah, religius, toleransi,, dan tanggungjawab. Kesimpulan penelitian menunjukkan: adanya pendidikan spiritual bagi anak akan tercipta generasi-generasi shaleh yang mempunyai visi dan misi dalam hidupnya,ciri anak yang mempunyai spiritual tinggi yaitu akan terpancar dari perilaku anak dalam kehidupannya dan hubungannya dengan Allah SWT., Kata Kunci: Konsep, Pendidikan Spiritual, Anak, Al- Ghazali, Kitab Ayyuhal Walad

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 27 Dec 2019 04:32
Last Modified: 27 Dec 2019 04:32
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2148

Actions (login required)

View Item View Item