MUHAMMAD, MUBASHIR (2019) PENGARUH KEDISIPLINAN MENGAJAR GURU PAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NU 05 BRANGSONG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (424kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kedisiplinan mengajar guru di SMA NU 05 Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal. 2) Prestasi belajar di SMA NU 05 Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal. 3) Pengaruh kedisiplinan mengajar guru terhadap Prestasi belajar di SMA NU 05 Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menitik beratkan pada data kuantitatif yaitu data yang be rbentuk angka-angka. Penelitian ini populasinya adalah seluruh guru di SMA NU 05 Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah sebagian siswa SMA NU 05 Brangsong Kendal berjumlah lima puluh dua siswa. Pengambilan sampel peneliti menggunakan total sampling karena jumlah populasi kurang dari seratus siswa . Variabel dalam hal ini terdiri dari: kedisiplinan mengajar guru sebagai variabel bebas (variabel X) dan presyasi belajar sebagai variabel terikat (variabel Y). Metode pengumpulan data menggunakan metode quesioner untuk mengetahui kedisiplinan mengajar guru dan kualitas pembelajaran. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis statistik atau analisis kuantitatif, dengan menggunakan rumus analisis korelasi product moment. Hasil penelitian terhadap lima puluh dua responden menunjukkan kedisiplinan mengajar guru termasuk kategori baik dengan ratarata variabel kedisiplinan mengajar guru adalah enam puluh tujuh koma tiga. Dan kualitas pembelajaran juga kategori baik dengan nilai hasil rata-rata variabel kualitas pembelajaran adalah enam puluh sembilan. Hasil uji hipotesis selanjutnya menjelaskan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kedisiplinan mengajar guru terhadap kualitas pembelajaran pada siswa SMA NU 05 Brangsong Kendal. Hal tersebut telah dibuktikan dengan hasil statistik teknik product moment yang diperoleh sebesar nol koma empat ratus tujuh puluh satu. Berdasarkan perhitungan nilai antara variabel X (kedisiplinan mengajar guru PAI) dengan variabel Y (prestasi belajar) diperoleh hasil yang signifikan. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan mengajar guru PAI terhadap prestasi belajar siswa Kata Kunci: Kedisiplinan, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 26 Dec 2019 05:57 |
Last Modified: | 26 Dec 2019 05:57 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2144 |
Actions (login required)
View Item |