Muhammad, Aniq Amrulloh (2019) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN YANBU’A TERHADAP KEFASIHAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI TPQ MIFTAHUL ULUM BEKASI TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (543kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (670kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Metode Pembelajaran adalah cara penyampaian bahan pengajaran dalam proses belajar mengajar. Metode belajar al-Qur‟an adalah suatu cara yang dipilih dan dilakukan guru ketika berinteraksi dengan anak didiknya dalam upaya menyampaikan bahan pengajaran tersebut mudah dicerna sesuai dengan pembelajaran yang ditargetkan. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Yanbu‟a terhadap kefasihan membaca al-Qur‟an siswa di TPQ Miftahul Ulum Bekasi Timur. Jenis penelitian yang dilakukan penelitian adalah field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kuantitatif, analisisnya menggunakan uj i korelasi product moment. Setelah dilakukan penelitian, maka peneliti mendapatkan hasil sebagai berikut: 1) Penerapan metode pembelajaran Yanbu‟a melalui hasil angket yang menunjukkan bahwa nilai rata-ratanya baik, ini di lihat dari nilai rata -rata sebesar 34,65 yang termasuk dalam interval 33-36. 2) Hasil tes kefasihan membaca alQur‟an siswa di TPQ Miftahul Ulum Bekasi Timur baik, ini terlihat dari nilai ratarata sebesar 13,35 yang termasuk dalam interval 13 -14. 3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode pembelajaran Yanbu‟a terhadap kefasihan membaca al-Qur‟an siswa di TPQ Miftahul Ulum Bekasi Timur. Hal ini terbukti berdasarkan perhitungan dengan menggunakan SPSS 16.0 for windows, dengan menggunakan uji korelasi pearson product moment. Berdasarkan hasil uji korelasi pearson product moment dengan menggunakan SPSS 16.0 for windows mendapatkan hasil r hitung sebesar 0,943. Hasil tersebut kemudian diinterpretasikan secara sederhana dan berkonsultasi pada r tabel pada taraf signifikan 5% (0,943 > 0,444) dan pada taraf signifikan 1% (0,943 > 0,561). Karena nilai r hitung lebih besar dari r tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% maka terdapat pengaruh positif antara variabel metode pembelajaran Yanbu‟ a terhadap variabel kefasihan membaca al-Qur‟an siswa di TPQ Miftahul Ulum Bekasi Timur. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif yang di ajukan untuk penerapan metode pembelajaran Yanbu‟a terhadap kefasihan membaca al-Qur‟an dapat diterima. Sedangkan untuk hipotesis nihilnya ditolak. Kata Kunci: Pengaruh, Metode Pembelajaran Yanbu‟a, Kefasihan Membaca AlQur‟an.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 26 Dec 2019 05:52 |
Last Modified: | 26 Dec 2019 05:52 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2143 |
Actions (login required)
View Item |