Muhammad, Anik Firman (2019) IMPLEMENTASI METODE TARGHIB DAN TARHIB DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK MA HIDAYATUS SYUBBAN KARANGROTO GENUK SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
Cover.pdf Download (835kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (368kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spi ritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Metode sebuah pembelajaran penting demi tercapainya tujuan dari pendidikan. Salah satu metode dalam pembela jaran yaitu metode targhib dan tarhib yang bersumber dari Al-qur‟an dan Hadits. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapanmetode targhib dan tarhib dalam pembelajaran akidah akhlak peserta didik MA Hidayatus Syubban Karangroto Genuk Semarang Dan Problematika dalam penerapannya tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang melihat hasil observasi, pengamatan, wawancara dan dokumentasi sebagai sumber penelitian. Yang menjadi objek penelitian ini adalah guru akidah akhlak dan siswa kelas X. Dalam proses analisis data melalui tahapan reduksi, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan dan verifikasi. Penerapan metode targhib dan tarhib dalam pembelajaran akidah akhlak di MA Hidayatus Syubban Karangroto Genuk Semarang bukanlah metode yang diterapkan secara mandiri akan tetapi dipadukan dengan metode lainnya yaitu metode ceramah, metode diskusi, dan metode tanya jawab.Ganjaran yang diberikan kepada peserta didik tidak hanya berupa benda-benda yang berharga akan tetapi berbentuk ucapan pujian yang indah maupun perbuatan. Penerapan hukuman yang diberikan guru kepada peserta didik melalui fase pemeritahuan, teguran kemudian peringatan. Prolematika dalam metode targhib dan tarhib yaitu dalil ganjaran dan hukuman ghoib dan dalil sulit untuk dicari, Untuk itu guru akidah akhlak memotivasi siswa untuk memiliki empat peran, yaitu motivasi berperan sebagai pendorong manusia dalam berbuat sesuatu, motivasi sebagai penentu arah dan tujuan, motivasi sebagai penyeleksi atas perbuatan yang akan dilakukan dan motivasi sebagai penguji sikap manusia dalam beramal, benar atau salah serta penerapan memadukan metode targhib dan tarhib dan metode diskusi untuk lebih banyak mendapatkan dalil-dalil taghib dan tarhib Kata Kunci : Implementasi, Metode Targhib dan Tarhib, Pembelajaran Akidah Akhlak
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 26 Dec 2019 05:49 |
Last Modified: | 26 Dec 2019 05:49 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2142 |
Actions (login required)
View Item |