Wahid Hasyim University | Digital Repository

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NAPZA DI SMA NU 05 KECAMATAN BRANGSONG KABUPATEN KENDAL

HARIYANTI, HARIYANTI (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NAPZA DI SMA NU 05 KECAMATAN BRANGSONG KABUPATEN KENDAL. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Islam sebagai agama rahmatan li al ‘alamin merupakan petunjuk bagi jalan hidup untuk manusia. Untuk pembentukan akhlak yang mulia, perlu dibina melalui proses pendidikan. Al Qur’an bagi orang-orang yang beriman merupakan petunjuk yang dapat menyingkap kebingungan dan penyembuh bagi segala macam penyakit kejiawaan. Pada dasarnya napza merupakan obat yang sangat dibutuhkan dalam pelayanan kesehatan. Alasan pemilihan judul dikarenakan pentingnya implementasi pendidikan akhlak dan pentingnya pencegahan penyalahgunaan napza di SMA NU 05 Brangsong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Implementasi Pendidikan Akhlak sebagai Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Napza di SMA NU 05 Brangsong. 2) Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Napza di SMA NU 05 Brangsong. Penelitian ini menggunakan metode riset penelitian lapangan (Field research), dimana bahan literatur berasal dari sumber primer dan sumber sekunder, dengan metode deskriptif analisis. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deduktif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan menggunakan pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji validitas data, menggunakan teknik triangulasi data. Adapun teknik analisis data menggunakan metode analisis interaktif, yang dilakukan dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi pendidikan akhlak sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan napza. Di dalam Islam, pendidikan akhlak mempunyai arti sangat penting dalam mengarahkan akhlak peserta didik. Pelaksanaan pendidikan akhlak di SMA NU 05 Brangsong, diarahkan untuk mengontrol peserta didik dari hal – hal yang negatif. (2) Faktor pendukung dalam upaya pencegahan penyalahgunaan napza di SMA NU 05 Brangsong yaitu guru dan lingkungan, Sedangkan faktor penghambat dalam upaya pencegahan penyalahgunaan napza yaitu keluarga. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para orang tua, tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan terutama di lingkungan Universitas Wahid Hasyim Semarang dan masyarakat pada umumnya. Kata Kunci : Pendidikan Akhlak, Pencegahan, Penyalahgunaan Napza.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 19 Dec 2019 03:35
Last Modified: 19 Dec 2019 03:35
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2120

Actions (login required)

View Item View Item