HARIYANTI, HARIYANTI (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NAPZA DI SMA NU 05 KECAMATAN BRANGSONG KABUPATEN KENDAL. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (481kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (662kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Islam sebagai agama rahmatan li al ‘alamin merupakan petunjuk bagi jalan hidup untuk manusia. Untuk pembentukan akhlak yang mulia, perlu dibina melalui proses pendidikan. Al Qur’an bagi orang-orang yang beriman merupakan petunjuk yang dapat menyingkap kebingungan dan penyembuh bagi segala macam penyakit kejiawaan. Pada dasarnya napza merupakan obat yang sangat dibutuhkan dalam pelayanan kesehatan. Alasan pemilihan judul dikarenakan pentingnya implementasi pendidikan akhlak dan pentingnya pencegahan penyalahgunaan napza di SMA NU 05 Brangsong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Implementasi Pendidikan Akhlak sebagai Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Napza di SMA NU 05 Brangsong. 2) Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Napza di SMA NU 05 Brangsong. Penelitian ini menggunakan metode riset penelitian lapangan (Field research), dimana bahan literatur berasal dari sumber primer dan sumber sekunder, dengan metode deskriptif analisis. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deduktif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan menggunakan pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji validitas data, menggunakan teknik triangulasi data. Adapun teknik analisis data menggunakan metode analisis interaktif, yang dilakukan dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi pendidikan akhlak sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan napza. Di dalam Islam, pendidikan akhlak mempunyai arti sangat penting dalam mengarahkan akhlak peserta didik. Pelaksanaan pendidikan akhlak di SMA NU 05 Brangsong, diarahkan untuk mengontrol peserta didik dari hal – hal yang negatif. (2) Faktor pendukung dalam upaya pencegahan penyalahgunaan napza di SMA NU 05 Brangsong yaitu guru dan lingkungan, Sedangkan faktor penghambat dalam upaya pencegahan penyalahgunaan napza yaitu keluarga. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para orang tua, tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan terutama di lingkungan Universitas Wahid Hasyim Semarang dan masyarakat pada umumnya. Kata Kunci : Pendidikan Akhlak, Pencegahan, Penyalahgunaan Napza.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 19 Dec 2019 03:35 |
Last Modified: | 19 Dec 2019 03:35 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2120 |
Actions (login required)
View Item |