Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MATERI DAUR AIR MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING KELAS V MATA PELAJARAN IPA DI MI MIFTAHUL FALAH JATIMULYO BONANG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

UMMI, MUTHI‟AH (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MATERI DAUR AIR MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING KELAS V MATA PELAJARAN IPA DI MI MIFTAHUL FALAH JATIMULYO BONANG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (598kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh Proses pembelajaran Matematika membutuhkan keaktifan siswa untuk menunjang keberhasilan belajar siswa, namun mata pelajaran Matematika khususnya materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat di kelas V MI Miftahul Falah Jatimulyo Bonang Demak, kegiatan pembelajaran masih dilakukan secara klasikal. Pembelajaran lebih ditekankan pada model yang banyak diwarnai dengan ceramah dan bersifat guru sentris. Hal ini mengakibatkan siswa kurang terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Kegiatan siswa hanya duduk, diam, dengar, catat dan hafal. Proses pembelajaran yang bisa dilakukan pada pembelajaran Matematika di kelas V MI Miftahul Falah Jatimulyo Bonang Demak agar lebih aktif adalah menerapkan Metode Discovery Learning. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka perumusan masalah pada penelitian ini adalah:1) Bagaimana penerapan Metode Discovery Learning pada pembelajaran IPA materi Daur Air di kelas V MI Miftahul Falah Jatimulyo Bonang Demak semester gasal tahun pelajaran 2016/2017?, 2) Adakah peningkatan hasil belajar Matematika siswa pada materi Daur Air menggunakan Metode Discovery Learning di kelas V MI Miftahul Falah Jatimulyo Bonang Demak semester gasal tahun pelajaran 2016/2017? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus. Kajian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Metode Discovery Learning pada pembelajaran IPA materi Daur Air di kelas V MI Miftahul Falah Jatimulyo Bonang Demak semester gasal tahun pelajaran 2016/2017, dimulai dari menjelaskan materi, tanya jawab, kerja pasangan untuk merangkum dan bermain kartu pasangan serta membuat kesimpulan, diskusi kelas dan klarifikasi hasil kerja siswa oleh guru. 2) Terjadi peningkatan hasil belajar IPA siswa pada materi Daur Airmenggunakan Metode Discovery Learning di kelas V MI Miftahul Falah Jatimulyo Bonang Demak semester gasal tahun pelajaran 2016/2017, hal ini bisa dilihat dari pra siklus dari 48% naik menjadi 67% pada siklus I pada siklus II sudah mencapai 90%. Peningkatan juga terjadi pada keaktifan belajar siswa. hal ini bisa dilihat dari siklus I keaktifan belajar siswa pada kategori sangat baik dan baik ada 66% dan pada siklus II sudah mencapai 95%. Hasil keaktifan ini melampaui indikator yang ditentukan yaitu 85%. Kata Kunci : Peningkatan, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA, Metode Discovery Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 17 Oct 2019 03:51
Last Modified: 17 Oct 2019 03:51
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1779

Actions (login required)

View Item View Item