Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASISSTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI BENDA DAN SIFATNYA KELAS III MI MATHOLI’UL ULUM 2 MENCO WEDUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Tutik, Tutik (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASISSTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI BENDA DAN SIFATNYA KELAS III MI MATHOLI’UL ULUM 2 MENCO WEDUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (595kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar adalah hasil yang dicapai oleh peserta didik setelah melakukan kegiatan belajar yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Perolehan nilai rata-rata mata pelajaran IPA kelas III MI Matholi‟ul Ulum 2 Menco Wedung Demak, masih dibawah KKM. Nilai-nilai tersebut diperoleh karena peserta didik merasa kesuliltan untuk menerima dan memahami materi pelajaran IPA, dikarenakan model mengajar pendidik yang masih monoton yaitu secara ceramah dimana pendidik belum bervariasi dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran, serta pendidik kurang memperhatikan kebutuhan peserta didik, sehingga hasil belajar yang diraih peserta didik kurang maksimal. Dari permasalahan diatas, penulis merasa perlu mengadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Asissted Individualization). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Asissted Individualization) pada pembelajaran IPA dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III, subyek penelitian ini adalah semua peserta didik kelas III yang berjumlah 28 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 01 Desember 2018 sampai 01 Januari 2019. Penelitian ini terdiri dari pra siklus dan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar peserta didik IPA materi benda dan sifatnya dilihat dari peningkatan nilai tes peserta didik dan aktivitas belajar peserta didik. Peserta didik dikatakan tuntas jika mendapatkan nilai hasil belajar sama dengan nilai kriteria ketuntasan minimal yaitu 65 atau lebih dari nilai KKM. Hasil penelitian tindakan kelas ini berdasarkan observasi dan pengumpulan data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan. Hal ini diketahui dari data kegiatan aktivifitas belajar peserta didik siklus I percaya diri, perhatian, dan teliti dalam menjawab pertanyaan sebesar 77,5%, sedangkan siklus II meningkat sebesar 86%. Hal ini terlihat dari prosentase ketuntasan belajar secara klasikal yaitu dari data awal pra siklus sebesar 36%, pada siklus I sebesar 68%, dan pada siklus II meningkat sebesar 86%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Asissted Individualization) sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe TAI (Team Asissted Individualization), Hasil Belajar IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 17 Oct 2019 03:47
Last Modified: 17 Oct 2019 03:47
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1777

Actions (login required)

View Item View Item