Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGARUH PROGRAM TAHFIDZ TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL JUZ ‘AMMA SISWA MI MIFTAHUL ATHFAL MANGUNHARJO TUGU SEMARANG

Riadhatul, Makhmudah (2019) PENGARUH PROGRAM TAHFIDZ TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL JUZ ‘AMMA SISWA MI MIFTAHUL ATHFAL MANGUNHARJO TUGU SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (533kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program Tahfidz merupakan suatu kegiatan yang dirancang untuk mempelajari Al-Qur‟an dengan cara menghafalnya. Tantangan menghafal AlQur‟an di era digital pada masa sekarang ini adalah munculnya berbagai program menarik seperti game yang terdapat dalam gadget yang dapat mengalihkan perhatian para siswa dari menghafal Al-Qur‟an. Berdasarkan hal tersebut MI Miftahul Athfal membuat program tahfidz yang memberikan pembiasaan kepada para siswa untuk menghafal Al-Qur‟an yaitu juz ‘Amma. Adanya pembiasaan, maka akan tumbuh rasa cinta kepada Al-Qur‟an yang akan memberikan motivasi kepada para siswa untuk menghafal Al-Qur‟an khususnya Juz ‘Amma Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) Bagaimana pelaksanaan program tahfidz (2) Bagaimana motivasi menghafal juz „Amma (3) Apakah ada pengaruh program tahfidz terhadap motivasi menghafal juz „Amma MI Miftahul Athfal Mangunharjo Tugu Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bagaimana pelaksanaan program tahfidz (2) Bgaimana motivasi menghafal juz „Amma (3) Apakah ada pengaruh program tahfidz terhadap motivasi menghafal Juz „Amma MI Miftahul Athfal Mangunharjo Tugu Semarang. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) wawancara (2) observasi (3) angket dan (4) dokumentasi. Analisis pengumpulan data menggunakan analisis statistik. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis product moment. Kesimpuan penelitian menunjukkan: (1) pelaksanaan program tahfidz dilakukan dengan adanya kegiatan murattal, mengaji, mengulang-ulang hafalan dan membacakan hafalan dihadapan guru. (2) motivasi menghafal juz „amma muncul karena adanya dorongan yang cukup baik dari dalam diri siswa itu sendiri seperti keinginan untuk menjadi penghafal Al-Qur‟an serta dorongan dari orang lain seperti cerita kisah teladan yang disampaikan oleh gurunya dan adanya kompetisi untuk menjadi juara tahfiidz. (3) pengaruh program tahfidz terhadap motivasi menghafal juz „amma siswa MI Miftahul Athfal Mangunharjo Tugu Semarang menggunakan analisis korelasi product moment sederhana diperoleh = 0,988 dengan dikonsultasikan pada pada taraf signifikasi 5% = 0,320 karena lebih besar dari ( ) maka signifikan sehingga hipotesis diterima. Kata Kunci: Program, Tahfidz, Motivasi, Menghafal, Juz „Amma.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 17 Oct 2019 02:52
Last Modified: 17 Oct 2019 02:52
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1769

Actions (login required)

View Item View Item