NUR, ALFIYAH (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR MELALUI PEMBELAJARAN INQUIRY PADA SISWA KELAS V MI TSAMROTUL HUDA 1 JATIROGO BONANG DEMAK SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (460kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika khususnya materi Luas Bangun Datar. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang bersifat konvensional yakni lebih terpusat pada guru (absolutivisme). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika tentang Luas Bangun Datar di kelas V MI Tsamrotul Hdua 1 Jatirogo Bonang Demak dengan menggunakan Metode Inquiry. Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yaitu memberikan sumbang pemikiran dalam melakukan inovasi pembelajaran dari teacher centered ke student centered melalui penerapan Metode Inquiry sebagaimana pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran Matematika. Dengan demikian, siswa akan terlibat secara langsung dalam mencari, menemukan, menggali dan memproses pengetahuannya sendiri. Study ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : Bagaimana penerapan Metode Inquiry pada pembelajaran Matematika materi Luas Bangun Datar di kelas V MI Tsamrotul Huda 1 Jatirogo Bonang Demak Tahun Pelajaran 2016/2017? dan Apakah hasil belajar matematika materi luas bangun datar pada kelas VMI Tsamrotul Huda 1 Jatirogo Bonang Demak Tahun Pelajaran 2016/2017 dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode Inquiry? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan tahapan dari setiap siklusnya adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dalam penelitian ini diperoleh dari guru (observer) dan siswa melalui dokumentasi, tes, dan observasi. Berdasarkan data pra siklus diperoleh nilai ratarata siswa sebesar 65,25 atau ketuntasan klasikan baru mencapai 45%, sedangkan data dari hasil penelitian siklus I sampai siklus II, diperoleh data bahwa hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan metode Inquiry mengalami peningkatan secara signifikan dari pembelajaran sebelumnya dan hasil tes juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu ketuntasan klasikal sebesar 65% pada siklus I dan menjadi 90% pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa dengan Metode Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika materi Luas Bangun Datar di MI Tsamrotul Huda 1 Jatirogo Bonang Demak Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata Kunci: Metode Inquiry, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika Materi Luas Bangun Datar .
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 17 Oct 2019 02:08 |
Last Modified: | 17 Oct 2019 02:08 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1764 |
Actions (login required)
View Item |