Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI PERKEMBANGAN WILAYAH INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH PADA SISWA KELAS VI B SEMESTER I MI SULTAN FATAH DEMAK TAHUN 2016/2017

M Sholihul, Hadi (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI PERKEMBANGAN WILAYAH INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH PADA SISWA KELAS VI B SEMESTER I MI SULTAN FATAH DEMAK TAHUN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (940kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (945kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (940kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (940kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa kelas VIB semester I MI Sultan Fatah Demak tahun pelajaran 2014/2015 pada mata pelajaran IPS materi perkembangan wilayah Indonesia masih rendah. Hal itu disebabkan guru masih menggunakan media pembelajaran yang konvensional yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah sehingga siswa kesulitan memahami materi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu digunakan media pembelajaran yang inovatif. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah Macromedia Flash. Tujuan penggunaan media pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIB semester I MI Sultan Fatah Demak tahun pelajaran 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, tahapan tiap siklus yaitu perencananaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes dan nontes, instrumen yang digunakan yaitu soal tes formatif siklus I dan II, lembar pengamatan aktivitas belajar siswa. Penggunaan Macromedia Flash dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa apabila persentase tuntas belajar klasikal ≥ 75%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 71,20 dengan persentase tuntas belajar klasikal sebesar 65 %, pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 86,70 dengan persentase tuntas belajar klasikal sebesar 95%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas VIB semester I MI Sultan Fatah Demak tahun pelajaran 2016/2017 melalui penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash pada mata pelajaran IPS materi perkembangan wilayah Indonesia Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, IPS dan Macromedia flash.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 11 Oct 2019 02:47
Last Modified: 11 Oct 2019 02:47
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1756

Actions (login required)

View Item View Item