M Sholihul, Hadi (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI PERKEMBANGAN WILAYAH INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH PADA SISWA KELAS VI B SEMESTER I MI SULTAN FATAH DEMAK TAHUN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (940kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (945kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (940kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (940kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar siswa kelas VIB semester I MI Sultan Fatah Demak tahun pelajaran 2014/2015 pada mata pelajaran IPS materi perkembangan wilayah Indonesia masih rendah. Hal itu disebabkan guru masih menggunakan media pembelajaran yang konvensional yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah sehingga siswa kesulitan memahami materi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu digunakan media pembelajaran yang inovatif. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah Macromedia Flash. Tujuan penggunaan media pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIB semester I MI Sultan Fatah Demak tahun pelajaran 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, tahapan tiap siklus yaitu perencananaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes dan nontes, instrumen yang digunakan yaitu soal tes formatif siklus I dan II, lembar pengamatan aktivitas belajar siswa. Penggunaan Macromedia Flash dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa apabila persentase tuntas belajar klasikal ≥ 75%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 71,20 dengan persentase tuntas belajar klasikal sebesar 65 %, pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 86,70 dengan persentase tuntas belajar klasikal sebesar 95%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas VIB semester I MI Sultan Fatah Demak tahun pelajaran 2016/2017 melalui penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash pada mata pelajaran IPS materi perkembangan wilayah Indonesia Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, IPS dan Macromedia flash.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 11 Oct 2019 02:47 |
Last Modified: | 11 Oct 2019 02:47 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1756 |
Actions (login required)
View Item |